Sabtu 27 April, 2024
Beranda Uncategorized Ayorbaba dan Wamafma Bilang Bangun Papua, Kuncinya Adalah Kolaborasi

Ayorbaba dan Wamafma Bilang Bangun Papua, Kuncinya Adalah Kolaborasi

Jayapura – Dua tokoh orang asli Papua (OAP) yakni Anthonius M Ayorbaba, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Provinsi Papua dan Claus Wamafma Director & Executive Vice President Sustainable Development PT Freeport Indonesia (PTFI) menjadi narasumber dalam pelatihan pengelolaan media online bagi Pimpinan Media se-Tanah yang diselenggarakan oleh Asosiasi Wartawan Papua (AWP) di Suni Hotel Abepura, Kota Jayapura, Selasa (26/3/2024).

Seperti yang dikutip dari portal papuatimes.co.id, kehadiran kedua tokoh OAP yang menduduki jabatan strategis di Kemenkumham dan PTFI itu, membawa angin segar bagi para jurnalis OAP. Pasalnya, keduanya tokoh berbagai ilmu dan pengalaman yang sangat berguna bagi pengembangan media di masa depan.

Anthonius Ayorbaba membawakan materi dengan judul “Pentingnya Legalitas Hukum bagi Pers Papua menghadapi era digital.” Ia menegaskan media-media yang dipimpin OAP harus memiliki legalitas hukum atau berbadan hukum.

Selain badan hukum, setiap media yang didirikan OAP hendaknya didaftarkan dan memiliki hak cipta sebagai legalitas hukum.

Ayorbaba mengapresiasi AWP yang melakukan terobosan baru dengan menggelar pelatihan pengelolaan media online bagi Pimpinan Media se-Tanah dalam rangka meningkatkan kapasitas orang Papua.

“Untuk memajukan Papua semua pihak mesti kolaborasi bersama. Dengan tujuan untuk membangun Papua,” tandas Ayorbaba menambahkan pelatihan tersebut sangatpenting ditengah implementasi undang-undang otonomi Khusus.

Seirama dengan Ayorbaba, Director & EVP (Executive Vice President) Sustainable Development PTFI Claus Wamafma menekankan kolaborasi Sebagai kunci majukan Papua.

Dia menjelaskan PT Freeport Indonesia (PTFI) membuka diri untuk memberdayakan orang asli Papua dalam membangunan dan memajukan masyarakat di tanah Papua.

Claus bilang sudah banyak putra-putri OAP yang saat ini menempat posisi strategi di perusahaan tersebut dengan berbagai keahlian dan keilmuan. Saat ini, mereka bekerja dan berkarya memberikan kontribusi positif bagi pengembangan dan kemajuan tanah Papua.

“Timika yang saat ini masuk Provinsi Papua Tengah kami selalu kasih kesempatan untuk pengembangan masyarakat setempat baik dalam bidang usaha,kesehatan bahkan olahraga,” kata Claus Wamafma saat sesi tanya jawab dengan para Pimpinan Media disela-se;a Pelatihan Pengelolaan Media Online.

Dia juga menambahkan bahwa dalam rangka memberdayakan SDM OAP, maka PT Freeport melakukan berbagai terobosan, salah satunya dengan membiayai akses pendidikan bagi putra-putri OAP terlebih khusus putra-putriAmungme Kamoro mengeyam pendidikan di Institut Pertambangan Nemangkawi (IPN).

“Sudah ribuan lulusan IPN yang diterima bekerja di PT Freeport, ada pula yang mendirikan usaha-usaha secara mandiri dengan berkolaborasi bersama Freeport,”ujarnya.

Pada kesempatan tersebut Wamafma mengapresiasi terobosan yang dilakukan Asosiasi Wartawan Papua (AWP) melalui penyelenggaraan Pelatihan Pengelolaan Media Online.

“AWP laksanakan kegiatan sangat berguna sekali buat teman-teman jurnalis orang asli Papua,” tandas Wamafma.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Fighting Amid Threats, Papua Community Bravely Battles Armed Criminal Groups

Papua - Armed Criminal Groups (KKB) in Papua continue to cause concern and discomfort among the local...

Berjuang di Balik Ancaman, Masyarakat Papua Melawan Kelompok Kriminal Bersenjata dengan Keberanian

Papua - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua terus menimbulkan kekhawatiran dan ketidaknyamanan di kalangan masyarakat setempat....

Yumiron: Students must set an example in maintaining security and social order

Jayapura- Head of Kinaomakada Dormitory, Yumiron Telenggeng asked students, dormitory heads, seniors from Puncak Jaya Regency, Central...

Yumiron : Mahasiswa Harus Berikan Contoh Dalam Menjaga Kamtibmas

Jayapura- Ketua Asrama Kinaomakada, Yumiron Telenggeng meminta para mahasiswa, ketua asrama, senior dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua...

Recent Comments