Selasa 27 Februari, 2024
Beranda Imbauan Kapolda Papua Himbau Masyarakat Jangan Terpengaruh Isu Sesat

Kapolda Papua Himbau Masyarakat Jangan Terpengaruh Isu Sesat

Jayapura Kota,- Bertempat di Pos Polisi Holtemkamp Dihadapan Awak Media, didampingi Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si dan PJU Polda Papua, Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fhakiri, S.I.K menyampaikan bahwa hari ini massa pelayat pemakaman Almarhum Bapak Lukas Enembe telah berhasil dipulangkan, Sabtu (30/12).

Proses pemulangan ini telah berlangsung dari kemarin, Jumat (29/12) yang mana sempat tertunda dikarenakan salah satu truck pengantar massa mengalami kerusakan sehingga proses pegantaran ditunda dan dilanjutkan hari ini dan telah selesai.

Kapolda Papua menerangkan proses pengantaran massa ini berjalan aman dan kondusif dan massa telah sampai di rumah mereka masing-masing.

“Memang telah terjadi beberapa insiden dalam proses pemakaman Almarhum hingga proses pemulangan massa, namun semuanya telah kembali kondusif hingga hari ini,” ucap Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kapolda juga menghimbau kepada seluruh warga khususnya di wilayah Kota Jayapura dan sekitarnya agar tidak terpengaruh terhadap isu-isu sesat yang sedang berkembang yang bertujuan untuk memprovokasi.

“Kami dari Pihak Kepolisian dan TNI selaku Aparat Keamanan akan berusaha semaksimal mungkin untuk tetap menjaga Kota Jayapura dan sekitarnya tetap aman,” pungkasnya.

Irjen Pol Mathius Fhakiri juga menambahkan bahwa situasi seperti ini sedang dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab untuk mengganggu kelancaran Kambtibmas.

“Ini adalah suasana duka bukan rasis seperti kejadian sebelumnnya, kita selaku warga harus saling menghormati dan menghargai agar situasi yang aman dan kondusif ini tetap berjalan hingga perayaan Tahun Baru 2024,” tambahnya.

Kepada warga yang mengalami kejadian tidak mengenakkan selama prosesi pemakaman Almarhum Bapak Lukas Enembe, pihak Aparat akan berusaha untuk menindak lanjuti dan pihaknya juga menghimbau kepada warga agar tidak melakukan aksi sendiri yang bisa berdampak pada gangguan Kamtibmas.

“Kami telah mengumpulkan data-data terkait keonaran yang telah melukai beberapa warga khususnya PJ. Gubernur Provinsi Papua, Anggota Polri dan TNI serta mengakibatkan kerugian materil lain, kami akan melakukan penegakkan hukum, menyelidiki siapa saja pihak-pihak yang bertanggung jawab atas insiden ini,” tutup Kapolda Papua.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Australia Appreciates Indonesian Government for Developing Papua and Keeping Security

Jayapura- The Australian Government through its Ambassador, HE Penny Williams met with Papua Police Chief Inspector General Mathius D. Fakhiri and Head...

Bertemu Kapolda Papua dan Ka Ops Damai Cartenz-2024, Australia Apresiasi Pemerintah RI Bangun Papua dan Jaga Keamanan

Jayapura- Pemerintah Australia melalui Duta Besarnya, HE Penny Williams bertemu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dan Ka Ops Damai Cartenz-2014,...

Ahead of Plenary, Security Forces Tightly Guard KPU Kab. Bintang Mountains

Oksibil- The joint TNI-POLRI security forces strictly guarded the KPU Kab. Bintang Mountains ahead of the Regency level plenary meeting, Tuesday, February...

Jelang Pleno, Aparat Keamanan Jaga Ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang

Oksibil- Aparat keamanan gabungan TNI-POLRI jaga ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang jelang rapat Pleno tingkat Kabupaten, Selasa 26 Februari 2024.

Recent Comments