Senin 4 Maret, 2024
Beranda Imbauan FKLN: Warga Nusantara membantu jaga keamanan lingkungan

FKLN: Warga Nusantara membantu jaga keamanan lingkungan

JAYAPURA KOTA_ Wakil Ketua Forum Komunikasi Lintas Nusantara (FKLN) di Papua Yonas Nussi mengatakan aksi penyisiran (sweeping) yang dilakukan warga Nusantara, Kamis malam hingga Jumat dini hari itu, untuk menjaga lingkungan dari aksi yang dilakukan sekelompok massa yang diduga melakukan tindak kriminal.

Aksi yang dilakukan mereka (warga nusantara) yang berada di beberapa lokasi di Kota Jayapura semata-mata untuk menjaga jiwa dan tempat usaha mereka dari berbagai aksi seperti yang terjadi di tahun 2019 lalu.

“Namun, pihaknya tetap meminta agar warga tidak melakukan aksi yang dapat menimbulkan dampak meluas,” kata Yonas Nussi seusai mengikuti pertemuan dengan Pangdam XVII/Cenderawasih di Jayapura, Jumat.

Dikatakan, awalnya masyarakat nusantara aman saat prosesi pengantaran jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe berlangsung, namun setelah terjadinya aksi pembakaran menyebabkan warga langsung bersiaga di sekitar pemukiman.

Tidak ada yang terprovokasi dengan isu karena apa yang dilakukan kelompok tersebut memang sekedar menjaga diri, keluarga dan tempat tinggal serta usaha.

“Tidak ada aksi pengejaran terhadap warga asli Papua, bila memang ada silahkan laporkan karena berbagai kegiatan yang dilakukan itu semata-mata untuk menjaga lingkungan dan keluarga dari aksi anarkis,” kata Yonas Nussi.

Sementara itu Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan mengatakan aksi kerusuhan yang terjadi Kamis (28/12) di Kota Jayapura didalangi KNPB dan ULMWP.

Kelompok itu menyusup di tengah-tengah masyarakat dan keluarga yang mengiringi perjalanan jenazah mantan Gubernur Papua Lukas Enembe dari STAKIN Sentani ke kediaman pribadinya yang berlokasi di Kota Tengah dan berupaya memprovokasi.

Ada yang menginginkan Papua kacau, namun hal itu tidak terwujud karena TNI-Polri bertindak secara terukur sesuai undang -undang yang berlaku.

“Masyarakat diharap tetap tenang karena TNI-Polri berupaya memberikan dan mewujudkan rasa aman,” kata Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan.*”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Chief of the Mee Tribe, Central Papua Urges to Maintain Community Security and Security Ahead of Recapitulation of 2024 Election Results

Nabire- The Chief of the Mee Tribe, Melkias Keiya, emphasized the importance of maintaining security, order and a peaceful situation in the...

Kepala Suku Mee, Papua Tengah Imbau Jaga Kamtibmas Jelang Rekapitulasi Hasil Pemilu 2024

Nabire- Kepala Suku Mee, Melkias Keiya, menekankan pentingnya menjaga keamanan, ketertiban, dan situasi damai di wilayah adat Mepago, khususnya menjelang dan saat...

LO Papua Regional Police, Central Papua Province, Urges Puncak Jaya Students to Participate in the Success of the 2024 Election Plenary

Jayapura- Police Commissioner Supriyagung, S.I.K., M.H, who is the LO (Liaison Officer) of the Papua Police, Central Papua Province, visited the Puncak...

LO Polda Papua Provinsi Papua Tengah, Imbau Mahasiswa Puncak Jaya Turut Serta Sukseskan Pleno Pemilu 2024

Jayapura- Kombes Pol Supriyagung, S.I.K.,M.H, yang merupakan LO (Liaison Officer) Polda Papua Provinsi Papua Tengah, melakukan kunjungan ke Asrama Mahasiswa Puncak Jaya...

Recent Comments