Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Polisi Dalami Kasus Penganiayaan Warga Sipil di Dekai Kab. Yahukimo

Polisi Dalami Kasus Penganiayaan Warga Sipil di Dekai Kab. Yahukimo

Jayapura – Polres Yahukimo mengusut kasus penganiayaan yang menyebabkan tewasnya warga bernama Matius Ropa di Jalan Statistik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Kabid Humas Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan bahwa peristiwa itu diketahui sekitar pukul 11.15 WIT oleh personel melalui HT.

Ignatius mengatakan bahwa personel menginformasikan adanya seorang warga yang menjadi korban penganiayaan, personel pun dengan cepat bergeser ke TKP.

“Saat personel di perjalanan menuju TKP, kemudian mendapat informasi bahwa korban telah di bawa menuju RSUD Dekai oleh seorang saksi yakni RM (47),” kata Ignatius dalam keterangannya pada Kamis 3 Agustus 2023.

Sementara Kapolres Yahukimo AKBP Arief Kristanto menyebut pada tubuh korban ditemukan tujuh luka akibat benda tajam.

Saat itu, korban pun langsung dievakuasi, namun ketika tiba di rumah sakit (RS) keadaannya sudah sangat kritis dan nyawa tidak dapat diselamatkan.

“Ketika personel tiba di TKP, pelaku tidak ditemukan. Oleh karena itu, mereka sedang melakukan penelusuran dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) untuk mencari tahu kronologi kejadian secara lebih mendalam,” kata Arief.

Lebih lanjut, dalam proses olah TKP, personel menemukan beberapa barang bukti antara lain berupa satu buah bilah parang tanpa gagang, satu buah sarung sangkur berwarna hitam, satu buah sendal merk Ando berwarna hitam hijau dengan bercak darah.

Kemudian satu buah batang kayu, satu lembar baju berwarna hitam dengan corak merah putih dan bercak darah, satu lembar celana panjang training berwarna hitam, serta satu lembar dalaman pria berwarna hitam.

“Selanjutnya, saksi-saksi akan diperiksa untuk memberikan keterangan yang lebih jelas mengenai kejadian tersebut. Selain itu, sebuah Laporan Polisi (LP) juga telah dibuat dan dilaporkan kepada pimpinan,” katanya.

Arief mengatakan bahwa pihaknya akan melanjutkan penyelidikan dengan menggali keterangan dari saksi-saksi yang mengetahui identitas pelaku.

Ia menyebut bahwa pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Jaksa Penuntut Umum (JPU) untuk memastikan proses hukum berjalan sesuai prosedur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments