Jumat 3 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Salah Satu Pentolan KKB Yahukimo Ditangkap, Ini Daftar Kejahatannya !

Salah Satu Pentolan KKB Yahukimo Ditangkap, Ini Daftar Kejahatannya !

Timika – Salah satu pimpinan dari pentolan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), yang tergabung dalam Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di wilayah Yahukimo berinisial PH atau Kopi Tua Heluka berhasil dibekuk.

Penangkapan terhadap yang bersangkutan dilakukan pada Jum’at 19 Mei 2023, sekitar pukul 10.48 WIT di salah satu rumah makan depan Jalan poros Mako Kelurahan Waena, Distrik Distrik Heram Kota Jayapura Provinsi Papua.

Selanjutnya, setelah dilakukan penangkapan oleh anggota TNI, yang bersangkutan kemudian diserahkan kepada Satgas Operasi Damai Cartenz untuk dilakukan penyelidikan lebih mendalam.

Untuk diketahui, bahwa penangkapan PH bermula pada saat penangkapan AS, yang merupakan pentolan KKB yang dipimpin PH. Bahkan hal tersebut langsung dikonfirmasi oleh AS.

Menurut Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos., S.I.K., M.H. bahwa PH terlibat dalam kasus penembakan terhadap anggota Brimob dari Satgas Operasi Damai Cartenz, pada 30 November 2022 lalu.

Tidak hanya itu, PH juga terlibat dalam pembunuhan anggota TNI pada 4 November 2022.

Pada 29 November 2022, yang bersangkutan juga ikut serta dalam penembakan terhadap Brigpol Usdar, merupakan anggota Polres Yahukimo hingga membuat korban meninggal dunia.

Selanjutnya, bahwa PH juga turut andil dalam aksi penembakan yang dilakukan oleh KKB terhadap Pos Penjagaan atau SPKT Polres Yahukimo sebanyak dua kali.

Lebih lanjut, KKB tersebut melakukan penyerangan dan penembakan terhadap Pos Kali Buatan Satgas Operasi Damai Cartenz di Distrik Dekai, kendati memang tidak ada korban jiwa.

Setelah dilakukan pendalaman, ternyata PH memang merupakan salah satu dari pimpinan KKB, dengan diperkuat oleh penyampaian AS salah satu anggota KKB yang telah ditangkap sebelumnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Move Fast, Security Forces Search for the KKB in Homeyo, Intan Jaya

Timika - A bold response to the cruelty of the Armed Criminal Group (KKB) in Homeyo District, Intan Jaya Regency, Central Papua...

Gerak Cepat, Aparat Keamanan Lakukan Penyisiran terhadap KKB di Homeyo, Intan Jaya

Timika - Respons tegas terhadap kekejaman Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Homeyo, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah dilakukan oleh Aparat Keamanan...

Increasing Synergy, TNI-Polri Hold Sports Together

Oksibil- In an effort to strengthen synergy and cooperation between the TNI-Polri in the Bintang Mountains Regency, today, Friday 3 May 2024,...

Tingkatkan Sinergitas,TNI-Polri Laksanakan Olahraga Bersama

Oksibil- Dalam upaya mempererat sinergitas dan kerjasama antara TNI-Polri di Kabupaten Pegunungan Bintang hari ini Jumat 3 Mei 2024 dilaksanakan kegiatan olahraga...

Recent Comments