Jumat 1 Maret, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Polda Papua Sebut 63 Orang Tewas dari 196 Aksi KKB Sepanjang 2023

Polda Papua Sebut 63 Orang Tewas dari 196 Aksi KKB Sepanjang 2023

Jayapura – Polda Papua menyampaikan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua melakukan aksi 196 kali di Bumi Cendrawasih sepanjang 2023.

“Terkait KKB, selama tahun 2023, KKB di Papua telah melakukan aksi 196 kali yang mengakibatkan 63 orang meninggal dunia,” kata Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri kepada wartawan, Senin (1/1/2024).

Rincian orang meninggal dunia sepanjang 2023 oleh KKB ialah 23 orang dari TNI, 3 orang dari Polri, dan 37 korban dari sipil. Dari ratusan penyerangan itu juga, sebanyak 81 orang mengalami luka-luka.

Ke-81 korban luka-luka itu berasal dari korban TNI sebanyak 24 orang, 7 orang dari Polri, dan 50 orang sipil. KKB Papua juga menyandera satu orang, yakni Philip Mark Mehrtens yang merupakan pilot Susi Air.

Jenderal bintang dua Polri ini pun menambahkan Satgas Ops Damai Cartenz tahap I dan tahap II melakukan 98 giat penegakan hukum di sembilan wilayah operasi sepanjang 2023. Dari operasi itu, sebanyak 32 senjata, 1.279 amunisi disita.

Selain itu, Satgas Ops Damai Cartenz berhasil memproses hukum tujuh orang kelompok kriminal politik (KKP) Papua dan 33 orang KKB Papua.

“Dan penegakan hukum terhadap 19 orang KKB,” tambahnya.

Mathius menerangkan KKB Papua masih menjadi ancaman yang menimbulkan ketakutan bagi masyarakat, khususnya pendatang. Aparat keamanan tetap mengedepankan pendekatan kesejahteraan dalam penanganan kelompok teroris ini.

“Pemerintah daerah, khususnya para bupati, SKPD dan DPRD diminta untuk tampil di depan agar masyarakat tidak merasa canggung terlibat dalam kegiatan Kepolisian. Polda Papua memaksimalkan upaya pendekatan yang lebih humanis, yang diharapkan bisa menjawab berbagai permasalahan yang selama ini kerap menjadi faktor pemicu terjadinya gangguan keamanan di tengah masyarakat, ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments