Jumat 1 Maret, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Penanganan KKB Papua Masih Utamakan Soft Approach

Penanganan KKB Papua Masih Utamakan Soft Approach

JAYAPURA – Penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua menjadi salah satu perhatian Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Ia menyebut, saat ini penanganan kelompok bersenjata di Papua masih menggunakan soft approach, yakni operasi teritorial.

“Untuk menangani OPM yang masih berulah, kita masih menggunakan soft approach, yakni dari TNI akan menggelar operasi teritorial untuk mempercepat pembangunan di wilayah Papua,” katanya, Jumat 8/12/2023 di Jayapura.

Kata Panglima, jika penanganan soft approach ini tidak diindahkan oleh KKB Papua, maka tindakan terakhir yang digunakan adalah hard approach.

“Kita juga akan menggunakan hard approach. Tapi itu adalah tindakan terakhir apabila kombatan itu gunakan senjata, kita lawan dengan senjata. Tapi sebenarnya itu tidak kita harapkan,” ungkap Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Panglima menyebut, Papua sudah diberikan anggaran yang cukup tinggi, tapi sangat disayangkan karena masih ada kesenjangan sosial di masyarakat Papua.

“Keberadaan prajurit TNI di Papua adalah untuk membantu program-program Pemerintah dengan tujuan untuk menyejahterakan masyarakat Papua, karena TNI berkolaborasi dengan instansi lain seperti Polri dan kementerian/lembaga terkait untuk membangun Papua,” jelasnya.

Panglima TNI juga berharap kepada Pemerintah daerah di Papua maupun instansi terkait, apabila melaksanakan pekerjaan di daerah rawan gangguan KKB agar meminta bantuan pengamanan kepada TNI-Polri, guna meminimalisir aksi teror dari pihak KKB.

“Ya, tadi kan penembakan terhadap masyarakat yang sedang membangun. Seperti kemarin di Paro, kita membangun Puskesmas ditembak. Jadi kita kolaborasi. Saya sampaikan ke kementerian terkait apabila melakukan kegiatan pembangunan dan sebagainya di Papua, harus kolaborasi dengan TNI-Polri, sehingga bisa diamankan,” punkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments