Jumat 1 Maret, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban KKB Serang Pendulang Di Yahukimo Papua Pegunungan, 5 Orang Tewas Dibunuh

KKB Serang Pendulang Di Yahukimo Papua Pegunungan, 5 Orang Tewas Dibunuh

Jayapura – Sebanyak lima penambangan emas tradisional tewas diserang Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Peristiwa penyerangan berujung pembunuhan ini terjadi di Distrik Seradala, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, Senin (16/10/2023).

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa tersebut.

“Ya memang benar saya mendapat laporan ada 5 orang pendulang meninggal dunia. Tetapi kami masih dalami,” ujarnya kepada awak media di Jayapura, Selasa (17/10/2023).

Kapolda menjelaskan, polisi belum bisa menuju ke titik lokasi lantaran risiko keamanan yang sangat tinggi. Pihaknya menyebut akan melibatkan tokoh masyarakat untuk memastikan hal itu.

“Saya minta kepada Kapolres untuk kita kirim dulu tokoh masyarakat, para hamba-hamba Tuhan dan pemerintah untuk mengecek kepastian meninggalnya 5 orang pendulang. Kapolres agar berhati-hati, tidak terpancing masuk ke area tersebut karena risikonya cukup tinggi,” katanya.

Diakuinya, pihaknya saat ini masih menyelidiki dari jajaran Intelijen Polres Yahukimo dan tokoh masyarakat.

“Kami tunguh hasil lidik dari anggota intelijen maupun masukan dari masyarakat, kemudian akan kelola dengan cermat dan baik untuk lakukan penegakan hukum. Sehingga saat penegakan hukum tidak membias ke mana-mana,” ucapnya.

Untuk melakukan penegakan hukum, pihaknya mengaku akan segera membahas bersama Satgas Damai Cartenz untuk melihat langkah penegakan hukum yang akan diambil.

“Setelah ini saya akan bicarakan dengan Satgas Damai Cartenz. Saya tidak akan mentolelansi daerah-daerah yang selalu menjadi gangguan KKB, baik itu di Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nduga dan Puncak. Jika ada aksi-aksi kekerasan bersenjata, tentunya kami akan maju untuk melakukan penindakan,” ujar Kapolda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments