Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Peranan Satgas Damai Cartenz Dalam Pembebasan Pilot Susi Air, Ini Kata Kapolda

Peranan Satgas Damai Cartenz Dalam Pembebasan Pilot Susi Air, Ini Kata Kapolda

Jayapura – Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengungkapkan peran TNI-Polri serta Satgas Damai Cartenz dalam upaya membebaskan pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens yang disandera kelompok kriminal bersenjata (KKB) Pimpinan Egianus Kogoya dan menegaskan proses negosiasi masih terus berlanjut.

“Saya, bapak Pangdam tugas kami kan melakukan negosiasi serta tugas dalam penegakan hukum nanti dimainkan peran oleh Satgas Damai Cartenz,” kata Irjen Mathius D. Fakhiri, Senin (14/8).

Pihaknya juga mengatakan Pemkab Nduga dan Pemprov Papua Pegunungan juga harus mengambil peran melakukan negosiasi dan proses negosiasi pun melibatkan keluarga besar Egianus Kogoya.

“Kami berikan ruang seluas-luasnya kepada semua pihak baik pemerintah daerah, itu ada pemerintah provinsi, ada Pemerintah Kabupaten Nduga maupun semua keluarga besar yang ada orang Nduga dan keluarga dekat dengan mereka,” ungkapnya.

Dia menegaskan semua pihak akan dikerahkan demi mendukung upaya pembebasan pilot asal Selandia Baru itu. Tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh perempuan juga dilibatkan dalam proses negosiasi.

“Supaya semua apa yang diharapkan keluarga pilot mau pun kami unsur pemerintah itu bisa pilot diserahkan secara baik,” terang Mathius.

Dia optimis proses negosiasi berjalan lancar. Mathius berharap pilot Susi Air bisa segera dibebaskan KKB dalam kondisi sehat.

“Mudah-mudahan dalam keadaan sehat, kembali kepada keluarga dan kami yang ada. Tentunya juga itu nanti bagian masalah penegakan hukumnya,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments