Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Aparat Gabungan Sita 1 Senpi dan Amankan 3 Orang Yang Hendak Membunuh...

Aparat Gabungan Sita 1 Senpi dan Amankan 3 Orang Yang Hendak Membunuh Warga Sipil di Yahukimo

Jayapura- Aparat Gabungan Ops Damai Cartenz-2023 dan Polres Yahukimo berhasil mengamankan 3 orang anggota KKB (Kelompok Kriminal Bersenjata) di wilayah Yahukimo, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, Jumat 12 Agustus 2023. Dalam Razia tersebut, satu senjata api rakitan laras pendek dan sejumlah barang bukti berhasil diamankan petugas.

Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Dr. Faizal Ramadhani, S.Sos, S.I.K, M.H., saat di kofirmasi mengatakan, Kronologi penangkapan ketiga anggota KKB ini bermula dari adanya informasi yang diterima oleh IPDA SYAHRUDDIN, S.H melalui telepon bahwa telah terjadi penodongan dan penembakan menggunakan senjata api kepada Korban SYAIFUL EWA di kompleks Jalan Sosial, Kabupaten Yahukimo namun korban selamat dari aksi penembakan tersebut dan para pelaku berhasil melarikan diri setelah kejadian itu.

“Setelah menerima informasi tersebut, anggota Gabungan Polres Yahukimo dan Satgas Gakkum Ops Damai Cartenz-2023 langsung merespon dengan melakukan razia di daerah tersebut, dan dalam Razia itu, petugas melihat cahaya dari ponsel sekitar 100 meter dari Pos Tim Tindak Sekla.” Tutur Ka Ops Damai Cartenz.

Lanjut Ka Ops, Hasil dari razia tersebut, mengarah pada penangkapan 3 orang yang diduga merupakan anggota KKB Wilayah Yahukimo. Dari tiga orang yang diamankan, ditemukan satu pucuk senjata api rakitan laras pendek serta sejumlah barang bukti lainnya. Inisial dari ketiga orang yang diamankan adalah “A.N” (14 tahun, pelajar), “L.K” (20 tahun, swasta), dan “W.K” alias Weko (20 tahun, swasta).

Ditambahkanya, Barang bukti yang berhasil diamankan meliputi senjata api rakitan laras pendek, sebuah bilah sangkur dengan sarung berwarna coklat dan gagang berwarna merah, sebuah bilah parang dengan gagang berwarna hitam, dua buah tas tradisional noken dengan warna Merah-Biru-Putih dan abu-abu, dua buah ponsel, dan satu butir peluru kaliber 5,56mm dan juga barang bukti lainya. Semua barang bukti tersebut saat ini telah diamankan oleh petugas di Polres Yahukimo untuk keperluan penyelidikan lebih lanjut.

“Para pelaku dan barang bukti tersebut akan dilakukan investigasi lebih lanjut oleh aparat gabungan Satgas Damai Cartenz-2023 dan Polres Yahukimo untuk mengungkap keterlibatan para pelaku serta insiden penembakan dan tindakan kriminal yang terjadi di Kabupaten Yahukimo.” Tutup Ka Ops Damai Cartenz-2023.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments