Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Bea cukai dan Polri Bersinergi amankan Perbatasan Papua

Bea cukai dan Polri Bersinergi amankan Perbatasan Papua

Dalam menjalankan tugas pengawasan, Bea Cukai diberi kewenangan oleh undang-undang ntuk melaksanakan tugas patroli dan penegakan hukum di bidang kepabeanan dan cukai.

Agar pelaksanaan tugas tersebut semakin baik dan efektif, Bea Cukai menjalin sinergi dengan aparat penegak hukum lainnya, seperti Korps Kepolisian Air dan Udara Badan Pemeliharaan Keamanan (Korpolairud Baharkam) POLRI.

Sinergi ini juga merupakan tindak lanjut penandatanganan perjanjian kerja sama antara Direktur Jenderal Bea dan Cukai dengan Kabaharkam POLRI tentang Peningkatan Sinergitas Tugas Operasional dan Sumber Daya dalam Pelaksanaan Tugas dan Fungsi pada tanggal 24 Agustus 2020.

Salah satu bentuk sinergi antara dengan Polairud ialah pertemuan antara Komandan Satuan Tugas Patroli Laut Jaring Wallacea Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Khusus Papua, Nugroho Aji Haryanto dengan Dirpolairud Polda Papua, Kombes Pol Ir. Kasmolan pada Senin (02/11).

“Dengan menyatukan kekuatan dan informasi diharapkan dapat menutupi setiap kelemahan yang dimiliki dengan cara menggunakan kelebihan dan keunggulan yang dimiliki  oleh tiap-tiap pihak,  yang pada akhirnya dapat meningkatkan hasil kegiatan kedua belah pihak, baik Bea Cukai maupun Ditpolairud,” jelas Nugroho.

Ia pun menyebutkan bahwa pihaknya tetap melaksanakan patroli laut di wilayah timur Indonesia, meski di tengah masa pandemi Covid-19.

“Kami akan terus mengawasi area perairan rawan pelanggaran kepabeanan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kami berharap peningkatan kerja sama dan penguatan sinergi ini, membuat penegakan hukum tetap terjaga erat dan berkesinambungan, guna melindungi rakyat serta mendorong perekonomian Indonesia,” ungkap Nugroho, yang dalam kesempatan tersebut pula sempat mengunjungi dermaga baru dan armada milik Ditpolairud.

Salah satu unit vertikal yang mengawasi daerah perbatasan adalah Bea Cukai Jayapura yang bersandingan langsung dengan perbatasan antara Indonesia dan Papua New Guinea (PNG).

Cakupan wilayah pengawasan yang terdiri dari satu kota dan 12 Kabupaten di Pulau Papua dengan pengawasan garis pantai sepanjang 611.65 km, garis batas sepanjang 278.77 km dan luas 121.033,98 km². Selain itu terdapat empat tempat pengawasan lainnya yaitu Bandara Internasional Sentani, Pos Lalu Bea Jayapura, Pos Lintas Batas Laut (PLBL) Hamadi, dan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.

Pengawasan dilakukan dengan menggandeng Polri serta aparat penegak hukum lain di wilayah Jayapura. Sepanjang 2020, Bea Cukai Jayapura menggagalkan 56 kasus penyelundupan yang terdiri dari ganja kering, vanili, minuman keras, dan sex toys. Jumlah tersebut meningkat dari tahun 2019 sebesar 31 pengungkapan.

Cyber Patrol Jayapura

Bentuk inovasi lainnya Bea Cukai Jayapura adalah pembentukan unit pengawasan cyber patrol. Dengan perubahan pola masyarakat dalam menggunakan media online sebagai sarana jual-beli produk, Bea Cukai Jayapura menggunakan media sosial tersebut sebagai sumber informasi dalam pemberantasan peredaran narkotika. Lewat unit cyber patrol, Bea Cukai Jayapura mengumpulkan data, menganalisis, dan menyusun produk intelijen yang akurat. 

Sejak dibentuk pada Juli 2020, unit cyber patrol Bea Cukai Jayapura telah melakukan 29 pengungkapan narkoba jenis synthetic cannabinoid. Atas kesuksesan ini, unit cyber patrol Bea Cukai Jayapura menjadi benchmark dalam pengawasan secara siber dan menjadi narasumber dalam beberapa kesempatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments