Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Pemerintahan 20 Tahun Otsus Papua dirilis Menjadi Buku

20 Tahun Otsus Papua dirilis Menjadi Buku

Jayapura –Pencatatan implementasi Otonomi Khusus (Otsus) di Papua selama 20 Tahun silam dirilis menjadi buku yang bias dibaca public oleh Majelis Rakyat Papua (MRP)

Buku hasil Rapat Dengar Pendapat (RDP) diserahkan Ketua MRP, Timotius Murib kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe di Kantor Gubernur Papua, Dok II Kota Jayapura, Rabu (10/3/2021).

Timotius Murib menerangkan bahwa buku tersebut memiliki tiga bagian. Namun secara keseluruhan menyimpulkan semua persoalan Papua selama bergulirnya Otsus.

“Tiga bagian itu yakni pertama hasil pelaksanaan Rapat Dengar Pendapat (RDP) Otsus Papua, kajian UU Otsus Papua dari akademisi secara ilmiah dan capaian dari Otsus selama 20 tahun,” kata Murib.

Mantan Ketua DPR Puncak Jaya itu mengharapkan, buku ini bisa memberikan pokok-pokok pikiran baru bagi masyarakat untuk pembangunan Papua kedepan lebih baik dari hari ini.

“Mudah-mudahan setelah buku ini beredar, masyarakat bisa baca dan tahu bagaimana implementasi Otsus di Papua selama ini, lalu menjadi masukan saran juga bagi Pemerintah. Apalagi saat ini Pemerintah Pusat sedang menggodok revisi UU Otsus,” tutur Murib.

Sementara itu, Gubernur Papua, Lukas Enembe memberikan apresiasi kepada MRP yang telah menyusun buku tersebut, karena buku ini dapat menjadi pegangan bagi masyarakat Papua.

“Buku ini berisi lika-liku perjalanan Otsus Papua. Keinginan masyarakat Papua mau seperti apa juga tertuang dalam buku ini. Saya harap, buku yang mencatat sejarah implementasi Otsus ini dipelajari oleh publik,” pungkasnya.

Gubernur juga menegaskan dengan adanya buku hasil RDP yang disusun MRP ini, kedepan tidak boleh lagi membangun Papua dengan rekayasa.

“Membangun Papua itu dengan hati dan harus duduk bersama Pemerintah dan masyarakat, maunya rakyat itu apa, pokoknya tidak boleh rekayasa itu saya tidak mau,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments