Minggu 14 Juli, 2024
Beranda Pembangunan Pemerintah Kucurkan Dana Rp138,65 Triliun Untuk Pembangunan Papua

Pemerintah Kucurkan Dana Rp138,65 Triliun Untuk Pembangunan Papua

Suaranewspapua.com – Di tahun 2021, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menilai pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan di wilayah Papua dan Papua Barat. Hal ini terlihat dari besarnya dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk kedua daerah tersebut.

La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai Ketua DPD menyebutkan bahwa dana Otsus untuk Papua dan Papua Barat sangat besar mencapai Rp138,65 triliun.

“Pemerintah sangat berpihak pada pembangunan Papua dan Papua Barat serta memberikan perhatian khusus,” ujar La Nyalla, Senin (1/2/2021).

Menurut La Nyalla, dana daerah dan dana desa yang dikucurkan pemerintah untuk Papua dan Papua Barat merupakan yang terbesar dibandingkan daerah lainnya.

“Sekarang pemerintah juga menggodok kemungkinan pemekaran di Papua dan Papua Barat. Tujuannya, agar pembangunan semakin masif dan sejajar dengan provinsi lain,” ujarnya.

La Nyalla berharap besarnya perhatian pemerintah tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Pemerintah akan terus meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur demi kemakmuran masyarakat Papua dan Papua Barat,” ucapnya.

Harapan tersebut juga diserukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam menutup kesenjangan kesejahteraan di Papua.

Tidak hanya anggarannya ditingkatkan yang sebelumnya hanya 2 persen menjadi 2,25 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU), namun waktu nya juga diperpanjang hingga 20 tahun kedepan.
“Masalah pendanaan kami mengusulkan beberapa revisi meskipun hasilnya belum optimal kami tetap mendukung untuk dana otsus diperpanjang lagi 20 tahun dan bahkan nilainya dinaikkan, yang selama ini 2 persen dari DAU, kita naikkan 2,25 persen dari DAU karena tadi kesenjangannya masih belum tertutup,” jelas Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Manhunt Underway for Police Officer Suspected of Stealing Firearms from Yalimo District Police HeadquartersJayapura

Jayapura - The Papua Provincial Police are intensifying efforts to locate Bripda Aske Mabel (23), a member...

Pencarian Anggota Polres Yalimo yang Diduga Curi Senjata Api Masih Berlanjut

Jayapura - Kepolisian Daerah Polda Papua terus melakukan upaya pencarian terhadap Bripda Aske Mabel (23), anggota Polres...

Bintara Polri Baru Dipersiapkan Pengamanan Pilkada

Jayapura- Menjelang perhelatan Pesta Demokrasi daerah atau pemilihan kepala daerah (Pilkada) provinsi Papua pada 27 November Tahun...

New National Police NCO Prepared for Regional Election Security

Jayapura- Ahead of the regional Democratic Party or regional head elections (Pilkada) for Papua province on November...

Recent Comments