Kamis 2 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Pemerintah Kucurkan Dana Rp138,65 Triliun Untuk Pembangunan Papua

Pemerintah Kucurkan Dana Rp138,65 Triliun Untuk Pembangunan Papua

Suaranewspapua.com – Di tahun 2021, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) menilai pemerintah memberikan perhatian yang sangat besar untuk pembangunan di wilayah Papua dan Papua Barat. Hal ini terlihat dari besarnya dana Otonomi Khusus (Otsus) untuk kedua daerah tersebut.

La Nyalla Mahmud Mattalitti sebagai Ketua DPD menyebutkan bahwa dana Otsus untuk Papua dan Papua Barat sangat besar mencapai Rp138,65 triliun.

“Pemerintah sangat berpihak pada pembangunan Papua dan Papua Barat serta memberikan perhatian khusus,” ujar La Nyalla, Senin (1/2/2021).

Menurut La Nyalla, dana daerah dan dana desa yang dikucurkan pemerintah untuk Papua dan Papua Barat merupakan yang terbesar dibandingkan daerah lainnya.

“Sekarang pemerintah juga menggodok kemungkinan pemekaran di Papua dan Papua Barat. Tujuannya, agar pembangunan semakin masif dan sejajar dengan provinsi lain,” ujarnya.

La Nyalla berharap besarnya perhatian pemerintah tersebut dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat Papua dan Papua Barat.

“Pemerintah akan terus meningkatkan pembangunan di bidang kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur demi kemakmuran masyarakat Papua dan Papua Barat,” ucapnya.

Harapan tersebut juga diserukan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam menutup kesenjangan kesejahteraan di Papua.

Tidak hanya anggarannya ditingkatkan yang sebelumnya hanya 2 persen menjadi 2,25 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU), namun waktu nya juga diperpanjang hingga 20 tahun kedepan.
“Masalah pendanaan kami mengusulkan beberapa revisi meskipun hasilnya belum optimal kami tetap mendukung untuk dana otsus diperpanjang lagi 20 tahun dan bahkan nilainya dinaikkan, yang selama ini 2 persen dari DAU, kita naikkan 2,25 persen dari DAU karena tadi kesenjangannya masih belum tertutup,” jelas Sri Mulyani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Jelang HUT OPM Polri Lakukan Patroli Skala Besar di Maybrat

Manokwari. Dansat Brimob Polda Papua Papua Barat, Kombes pol. Semmy Ronny Thabaa., dalam keterangannya kepada wartawan mengungkapkan, satuan gabungan melakukan operasi berskala...

Polri Pastikan Keamanan Terjaga Saat HUT OPM 1 Desember

Jakarta. Kepolisian Negara Republik Indonesia memastikan menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) terkait dengan adanya kegiatan peringatan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM),...

Jelang Natal dan Tahun Baru, Ini Pesan Tokoh Agama Papua

Jayapura – Dalam rangka menyambut Natal dan Tahun Baru 2022, Tokoh Agama Papua Bapak Pdt. M.P.A Mauri, S.Th, mengajak seluruh Masyarakat Papua...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES YAHUKIMO RINGKUS DEMIUS MAGAYANG PENTOLAN KKB YAHUKIMO

Jayapura – Pada hari Sabtu tanggal 27 November 2021 Pukul 10.40 Wit, bertempat diseputaran PT Indopapua Jalan Gunung Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo,...

Recent Comments