Minggu 25 Februari, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Mantan OPM Kembalikan Senjata dan Berjanji Bela NKRI

Mantan OPM Kembalikan Senjata dan Berjanji Bela NKRI

Suaranewspapua.com – Pria berinisial NN ini dulunya adalah tentara Organisasi Papua Merdeka (OPM). Dia pernah tercatat sebagai anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) dari Kodap V.

Tapi kini dia telah tobat. Kembali ke pangkuan NKRI. Sebagai bukti, dia dengan sukarela menyerahkan senjatanya, berupa satu  pucuk senjata api jenis Engkelop. Senjata itu diserahkan  NN yang merupakan  satu warga Kampung Umap kepada Satgas Yonif Mekanis 516/Caraka Yudha di Distrik Mindiptanah, Kabupaten Boven Digoel.

“NN yang telah sadar atas kekeliruannya selama ini dan kembali kepangkuan NKRI itu, menyerahkan senjata api miliknya secara sukarela kepada Satgas Yonif Mekanis 516/CY,” kata Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 516/CY Letkol Inf Muhammad Radhi Rusin.

Menurut Letkol Muhammad, selama ini senjata api tersebut disembunyikan di dalam hutan Umap. Setelah dilakukan pendekatan dan diberikan pemahaman, akhirnya mantan tentara OPM tersebut  secara sukarela menyerahkan senjatanya.

Penyerahan senjata ini juga sebagai hasil kegiatan karya bakti yang selama ini dilakukan oleh Satgas Yonif Mekanis 516/CY, yang dirasakan dan dinilai oleh masyarakat banyak membantu dan bermanfaat bagi mereka dan wilayahnya,” katanya.

Diungkapkannya juga jika informasi keberadaan senjata api tersebut,  didapatkan  saat para prajurit TNI melaksanakan karya bakti berupa pembersihan lingkungan dan pembersihan di gereja Katholik Stasi Santo Yohanes Mariavaney.  Letkol Muhammad pun berharap, kedekatan dan eratnya kebersamaan yang telah terjalin selama ini tetap terpelihara “Sehingga kita semua dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman untuk membangun wilayah ini menjadi lebih maju dan sejahtera,”  pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

The Action and Gakum Task Force Conducts Dialogical Patrols in the Kiwirok District

Oksibil- Kiwirok District 2024 ODC Action and Gakum Task Force carries out joint patrols as an effort to maintain security and order...

Satgas Tindak dan Gakum Laksanakan Patroli Dialogis di Distrik Kiwirok

Oksibil- Satgas Tindak dan Gakum ODC 2024 Distrik Kiwirok melaksanakan patroli gabungan sebagai upaya menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut, 23...

BKO Sat Brimob Polda Papua Conducts Combat Patrols in Serambakon District

Oksibil- Papua Police Mobile Brigade personnel assigned as BKO (Operational Police Assistance) of the Papua Police Mobile Brigade Unit carry out combat...

BKO Sat Brimob Polda Papua Laksanakan Patroli Tempur Di Distrik Serambakon

Oksibil- Personel Brimob Polda Papua yang ditugaskan sebagai BKO (Bantuan Kepolisian Operasional) Satuan Brimob Polda Papua melaksanakan patroli tempur di Distrik Serambakon,...

Recent Comments