Selasa 16 April, 2024
Beranda Pelayanan Pansus Kemanusiaan DPR Papua Usulkan Pembentukan Tim Lintas Terpadu

Pansus Kemanusiaan DPR Papua Usulkan Pembentukan Tim Lintas Terpadu

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Terkait insiden penembakan terhadap warga sipil dan juga Pdt. Yeremia Zanambani yang terjadi pada akhir pekan kemarin di Distrik Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya menjadi perhatian banyak pihak,  bahkan tak sedikit mengecam dan mengutuk tindakan dari oknum pelaku penembakan tersebut.

Oleh karena itu, Wakil Ketua Pansus Kemanusiaan DPR Papua, Namantus Gwijangge mengusulkan, agar pemerintah dan seluruh pihak terkait membentuk tim lintas terpadu.

Dijelaskannya,  jika Tim Lintas Terpadu ini yang nantinya akan bertugas untuk menyelesaikan persoalan-persoalan kemanusiaan yang terjadi di Tanah Papua. Seperti kasus pelanggaran HAM dan sebagainya.

“Tim Lintas Terpadu ini memang baru rencana. Tapi kami akan dorong ke pimpinan kami agar bersama stakeholder lain segera membentuk tim tersebut,” kata Namantus Gwijangge kepada sejumlah awak media, Rabu (23/9).

Menurut Politisi Partai Perindo ini,  ketika bicara persoalan kemanusian yang terjadi di Papua, bukan hanya menjadi tanggungjawab DPR Papua, MRP, polisi, TNI, pemerintah provinsi dan daerah. Akan tetapi ini juga sudah menjadi  tanggungjawab semua pihak, baik gereja, LSM dan lain sebagainya.

“Jadi dengan adanya tim terpadu ini, saya rasa persoalan tentang Papua bisa selesai dengan tuntas,” imbuhnya.

Apalagi kata Namantus , dengan dibentuknya tim lintas terpadu ini,  maka seluruh persoalan bisa diungkap secara transparan. Sehingga tidak ada dusta diantara kita.

“Dalam menyelesaikan satu persoalan harus betul-betul transpan dan saling terbuka. Jadi dalam bekerja jangan ada dusta, apalagi menuding yang lain berpihak pada satu kelompok saja,” ketusnya.

“Tapi kita nanti minta pimpinan agar tim ini diperluas,” tandas Namantus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Strategic Security Carried Out in Tembagapura After the Death of Abu Bakar Kogoya

Mimika- After the killing of Abu Bakar Kogoya who was shot by joint TNI-Polri officers from the Cartenz Peace Operations Task Force...

Pengamanan Strategis Dilakukan di Tembagapura Pasca Tewasnya Abu Bakar Kogoya

Mimika- Pasca tewasnya Abu Bakar Kogoya ditembak aparat gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz pada 4 April 2024, aparat gabungan TNI-Polri...

The Acting Governor of Central Papua asks that the Nabire incident not be repeated

Jayapura- The Central Papua Provincial Government (Pemprov) asks that the Nabire incident not be repeated, therefore people who want to express their...

Pj Gubernur Papua Tengah minta insiden Nabire jangan terulang

Jayapura- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah meminta insiden Nabire jangan terulang, karena itu masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau demo agar melaksanakan...

Recent Comments