Senin 6 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Kurir dan Pelanggan Sabu Ditangkap Polres Jayapura

Kurir dan Pelanggan Sabu Ditangkap Polres Jayapura

Suaranewspapua.com- SENTANI- Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Jayapura, Papua menangkap tiga warga yang merupakan pengedar dan pelanggan narkotika jenis sabu-sabu. Masing-masing tersangka RAP (28), AL (39) dan SPH (31), mereka pengguna dan juga pengedar sabu. Dari dua tersangka tersebut dibekuk di luar Jayapura yang merupakan pengguna dan penerima.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon didampingi Kasubbag Humas, AKP Katharina H.L Aya, Plt. Kasat Reserse Narkoba Ipda Henry K. Yalmaf kepada wartawan mengatakan, penangkapan tersangka RAP berawal dari informasi masyarakat, kemudian dikembangkan kembali dan berhasil menangkap dua orang tersangka berinisial AL (39) dan SPH (31) di luar Jayapura dengan bantuan tim gabungan salah satu Polres yang ada di wilayah Papua.

Kedua tersangka langsung dibawa ke Jayapura, mereka mengaku telah memakai barang haram ini kurang lebih 1 tahun. Dari ketiga tersagka anggota polisi mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 9,7 gram.

“Sabu-sabu ini yang kita amankan di lokasi yang berbeda dari tersangka RAP (28) seberat 3,37 gram, dan AL (39) seberat 6,33 gram, sedangkan tersangka SPH (31) berperan sebagai perantara sekaligus pembeli barang haram tersebut,” kata Mackbon usai menghadirkan tiga tersangka di Mapolres Jayapura, Rabu (5/8) seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Lanjut dia, sabu-sabu tersebut didatangkan ke Jayapura dari Kalimantan melalui salah satu jasa pengiriman dan mereka sudah pertanggung jawaban karena proses pengiriman dilakukan sesuai dengan prosedur.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan pada jasa pengiriman ini dan mereka juga sudah sesuai dengan prosedur, tetapi barang ini jumlahnya kecil dan bisa disimpan di dalam kemasan kopi maupun sebagainya,” ujarnya.

Menurut Mackbon, pengungkapan sabu-sabu ini karena adanya kerjasama Polisi dengan pihak jasa pengiriman dan sudah beberapa kali kami melakukan kerjasama. Sedangkan ketiga tersangka saat ini sudah ditahan di Polres Jayapura, kami juga ada upaya merehabilitasi agar mereka kembali bisa hidup normal.

“Jadi kita tidak memberikan hukuman badan,  tetapi kita juga memberikan kesembuhan kepada warga kita,” tuturnya.

Mackbon menjelaskan, para pelaku kami jerat dengan Pasal 112 ayat 1 dan juga 114 ayat 1, dimana hukumannya dari 4 sampai dengan 12 tahun penjanra, dipasal 112 ayat 1 kemudian di pasal 114 ayat 1 ini 5 sampai 20 tahun.

Ia menambahkan, untuk rehabilitasi para tersangka kami kerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten Jayapura, tetapi  ada juga beberapa yang kami  tangkap karena memang sesuai dengan aturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments