Jumat 19 Juli, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Kurir dan Pelanggan Sabu Ditangkap Polres Jayapura

Kurir dan Pelanggan Sabu Ditangkap Polres Jayapura

Suaranewspapua.com- SENTANI- Satuan Reserse Narkoba (Satnarkoba) Polres Jayapura, Papua menangkap tiga warga yang merupakan pengedar dan pelanggan narkotika jenis sabu-sabu. Masing-masing tersangka RAP (28), AL (39) dan SPH (31), mereka pengguna dan juga pengedar sabu. Dari dua tersangka tersebut dibekuk di luar Jayapura yang merupakan pengguna dan penerima.

Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon didampingi Kasubbag Humas, AKP Katharina H.L Aya, Plt. Kasat Reserse Narkoba Ipda Henry K. Yalmaf kepada wartawan mengatakan, penangkapan tersangka RAP berawal dari informasi masyarakat, kemudian dikembangkan kembali dan berhasil menangkap dua orang tersangka berinisial AL (39) dan SPH (31) di luar Jayapura dengan bantuan tim gabungan salah satu Polres yang ada di wilayah Papua.

Kedua tersangka langsung dibawa ke Jayapura, mereka mengaku telah memakai barang haram ini kurang lebih 1 tahun. Dari ketiga tersagka anggota polisi mengamankan barang bukti sabu-sabu seberat 9,7 gram.

“Sabu-sabu ini yang kita amankan di lokasi yang berbeda dari tersangka RAP (28) seberat 3,37 gram, dan AL (39) seberat 6,33 gram, sedangkan tersangka SPH (31) berperan sebagai perantara sekaligus pembeli barang haram tersebut,” kata Mackbon usai menghadirkan tiga tersangka di Mapolres Jayapura, Rabu (5/8) seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Aman Hasibuan.

Lanjut dia, sabu-sabu tersebut didatangkan ke Jayapura dari Kalimantan melalui salah satu jasa pengiriman dan mereka sudah pertanggung jawaban karena proses pengiriman dilakukan sesuai dengan prosedur.

“Kita sudah melakukan pemeriksaan pada jasa pengiriman ini dan mereka juga sudah sesuai dengan prosedur, tetapi barang ini jumlahnya kecil dan bisa disimpan di dalam kemasan kopi maupun sebagainya,” ujarnya.

Menurut Mackbon, pengungkapan sabu-sabu ini karena adanya kerjasama Polisi dengan pihak jasa pengiriman dan sudah beberapa kali kami melakukan kerjasama. Sedangkan ketiga tersangka saat ini sudah ditahan di Polres Jayapura, kami juga ada upaya merehabilitasi agar mereka kembali bisa hidup normal.

“Jadi kita tidak memberikan hukuman badan,  tetapi kita juga memberikan kesembuhan kepada warga kita,” tuturnya.

Mackbon menjelaskan, para pelaku kami jerat dengan Pasal 112 ayat 1 dan juga 114 ayat 1, dimana hukumannya dari 4 sampai dengan 12 tahun penjanra, dipasal 112 ayat 1 kemudian di pasal 114 ayat 1 ini 5 sampai 20 tahun.

Ia menambahkan, untuk rehabilitasi para tersangka kami kerjasama dengan Badan Narkotika Kabupaten Jayapura, tetapi  ada juga beberapa yang kami  tangkap karena memang sesuai dengan aturan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 202

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 2024Скачать Приложение Mostbet Для Android Apk И Ios БесплатноContentПреимущества Использования Приложения МостбетСкачать Mostbet Приложение для...

To quell riots in Puncak Jaya, Cartenz Peace Task Force is deployed

Jayapura- Members of the Cartenz Peace Task Force have arrived in Mulia, Kab. Puncak Jaya, Central Papua to help restore security after.

Redam Kerusuhan di Puncak Jaya, Satgas Damai Cartenz Dikerahkan

Jayapura- Anggota Satgas Damai Cartenz telah tiba di Mulia, Kab. Puncak Jaya, Papua Tengah untuk membantu memulihkan keamanan seusai kerusuhan.

Catholic Religious Figure: There is No Difference in Maintaining Peace

Jayapura - Chairman of the Papuan Catholic Youth, Melianus Asso, expressed his appreciation to the TNI and Polri security forces who have...

Recent Comments