Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Pemerintahan Belajar Dari Rumah Di Papua Berlaku Hingga 31 Juli

Belajar Dari Rumah Di Papua Berlaku Hingga 31 Juli

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua menyatakan akan tetap memberlakukan pola belajar dari rumah bagi siswa dan siswi di wilayahnya hingga 31 Juli 2020. Meskipun 13 Juli 2020 tahun ajaran baru dimulai sesuai dengan kalender pendidikan, Disdik Papua akan tetap memberlakukan pola belajar dari rumah.

“Menyikapi kebijakan Pemprov Papua di mana penyebaran Covid-19 masih mengalami kenaikan dan hingga kini ada 17 kabupaten/kota yang terpapar sehingga diputuskan walaupun tahun pembelajaran 2020/2021 dimulai pada 13 Juli, tapi khusus di Papua anak-anak tetap masih di rumah,” kata Kepala Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua Christian Sohilait, di Jayapura, Sabtu (11/7).

Pada tahun ajraan baru, menurut Christian, para siswa dan guru tidak hadir secara fisik di sekolah untuk melakukan aktivitas belajar mengajar seperti biasa. Tahun ajaran baru berlangsung dengan tetap menjalankan masa “social distancing” dan “physical distanching”.

Implementasinya, yakni melalui pembelajaran dari dan di rumah dengan berbagai strategi serta pendekatan yang telah dilaksanakan selama Covid-19. “Dinas Pendidikan mengacu pada prinsip mengutamakan kesehatan dan keselamatan guru juga anak guna menghindari timbulnya klaster baru dalam penyebaran Covid-19, kata dia.

“Melalui aktivitas pembelajaran dari satuan-satuan pendidikan maka masa mengajar dari rumah dan belajar di rumah yang semula berakhir bertepatan dengan awal tahun ajaran baru 2020/2021 yakni 13 Juli 2020 diperpanjang sampai dengan 31 Juli 2020,” ujarnya.

Dia menjelaskan kebijakan selanjutnya akan disesuaikan dengan perkembangan pandemi Covid-19 dan kebijakan Pemerintah Provinsi Papua. “Untuk itu, masa pengenalan lingkungan sekolah harus wajib dilakukan secara daring (online) dan luring (offline) dengan memperhatikan protokol kesehatan serta kebijakan pada masing-masing kabupaten/kota terkait penyebaran juga prevalensi COVID-19,” katanya lagi.

Dia menambahkan merujuk Surat Edaran Gubernur Papua 3 Juli 2020 tentang pencegahan, pengendalian dan penanggulangan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Provinsi Papua maka DPPAD Provinsi Papua memutuskan kalender pendidikan tahun tahun ajaran 2020/2021 dimulai pada Senin 13 Juli 2020, hanya saja kegiatan belajar mengajar tetap dilakukan di rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments