Selasa 27 Februari, 2024
Beranda KAMTIBMAS Kapolda Papua: Kondisi Keamanan di Intan Jaya Sudah Kondusif

Kapolda Papua: Kondisi Keamanan di Intan Jaya Sudah Kondusif

Jayapura – Dalam upaya mendukung pemulihan kondisi di Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, Kepolisian Daerah (Polda) Papua merekomendasikan kembali dibukanya penerbangan ke Bandara Bilogai pada Jumat (9/2). Keputusan ini diambil pasca insiden penembakan dan pembakaran bangunan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Irjen Pol Mathius D Fakhiri, Kapolda Papua, menyatakan bahwa situasi di Intan Jaya kini telah mengalami perbaikan signifikan. “Intan Jaya sudah mulai kondusif ya. Saya mendorong Kepolisian Resor [Intan Jaya] untuk memperkuat serta mempersiapkan langkah-langkah keamanan di sana,” ujar Fakhiri di Kota Jayapura pada Jumat (9/2/2024).

Fakhiri juga menjelaskan bahwa ia telah berkomunikasi dengan Penjabat Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk, untuk meminta agar Penjabat Bupati Intan Jaya, Apolos Bagau, turun langsung untuk berinteraksi dengan masyarakat. Langkah ini diharapkan dapat menciptakan kondisi yang aman, damai, dan lancar menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum 2024.

“Saya sudah meminta Penjabat Gubernur untuk menginstruksikan Pak Bupati agar turun langsung, berinteraksi dengan masyarakat, sehingga tahapan terakhir Pemilu dapat berjalan dengan baik,” ungkapnya.

Fakhiri menegaskan bahwa situasi keamanan di Kabupaten Paniai, Provinsi Papua Tengah, juga telah kembali kondusif setelah terjadinya kontak tembak antara aparat keamanan dan kelompok TPNPB di Lapangan Terbang Baya Biru, Paniai. Dalam insiden tersebut, seorang polisi dan seorang warga sipil mengalami luka.

“Kami akan menangani semua hal dengan pendekatan yang baik dan bersahabat agar tidak mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat,” tambahnya.

Fakhiri juga menyampaikan bahwa aparat keamanan telah mempersiapkan langkah-langkah pengamanan di beberapa titik, termasuk di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah, serta Kabupaten Pegunungan Bintang dan Lanny Jaya di Provinsi Papua Pegunungan. “Pada dasarnya, kami telah melakukan persiapan menyeluruh untuk menghadapi segala kemungkinan,” tegasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Australia Appreciates Indonesian Government for Developing Papua and Keeping Security

Jayapura- The Australian Government through its Ambassador, HE Penny Williams met with Papua Police Chief Inspector General Mathius D. Fakhiri and Head...

Bertemu Kapolda Papua dan Ka Ops Damai Cartenz-2024, Australia Apresiasi Pemerintah RI Bangun Papua dan Jaga Keamanan

Jayapura- Pemerintah Australia melalui Duta Besarnya, HE Penny Williams bertemu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dan Ka Ops Damai Cartenz-2014,...

Ahead of Plenary, Security Forces Tightly Guard KPU Kab. Bintang Mountains

Oksibil- The joint TNI-POLRI security forces strictly guarded the KPU Kab. Bintang Mountains ahead of the Regency level plenary meeting, Tuesday, February...

Jelang Pleno, Aparat Keamanan Jaga Ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang

Oksibil- Aparat keamanan gabungan TNI-POLRI jaga ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang jelang rapat Pleno tingkat Kabupaten, Selasa 26 Februari 2024.

Recent Comments