Jumat 1 Maret, 2024
Beranda Opini Perbedaan KKB OPM dan Pejuang Timor Leste

Perbedaan KKB OPM dan Pejuang Timor Leste

Presiden Timor Leste Ke 2 dan Ke 5 Jose Ramos Horta dalam sebuah wawancara eksklusif mengatakan bahwa dahulu pada masa perjuangan kemerdekaan Timor Leste dilakukan secara terhormat.

“Sejak awal kami berjuang masa itu, perjuangan kami terhormat, kami tidak melawan masyarakat Indonesia. Pada setiap pidato, tulisan, dan tindakan kami tidak pernah menjelekkan masyarakat Indonesia secara individu atau dari sisi suku, agama mayoritas, itu tidak pernah kami lakukan,” ungkapnya.

Pada masa itu pejuang Timor Leste sangat menghormati masyarakat sipil dan hak-haknya.

“Dalam perjuangan, kami sangat menghormati masyarakat sipil, sehingga ketika itu simpati Dunia Internasional berdatangan, kami hormati Hak Asasi Manusia dan yang kami lawan hanyalah militer, ” tambahnya.

Hal inilah yang menjadi pembeda perjuangan antara Timor Leste dan KKB OPM, karena mereka tidak segan-segan melakukan pembantaian, pembunuhan, perampokan, pemerkosaan dan menyakiti masyarakat sipil mulai dari OAP hingga pendatang.

Contohnya saja KKB OPM di Nduga yang membunuh Pendeta Eliazer Baye kemudian ada anggota Ormas KNPB yang membunuh seorang aktivis HAM wanita Michelle Kurisi Doga.

Mereka (OPM) juga terus melakukan pembakaran rumah(honai) warga sipil, fasilitas pendidikan, kesehatan dan pemerintahan yang sebenarnya sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat lokal.

Mereka yang saat ini membela diri sebagai seorang pejuang namun lebih pantas dikategorikan sebagai Kriminal teroris Psikopat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments