Jumat 14 Juni, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Enam Bulan Penyanderaan, Kapolda Papua: Pembebasan Tak Boleh Ada Korban Jiwa

Enam Bulan Penyanderaan, Kapolda Papua: Pembebasan Tak Boleh Ada Korban Jiwa

Jayapura – Pilot Susi Air Kapten Philips Mark Mehrtens hingga kini masih disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri menyebutkan, TNI dan Polri masih terus berupaya untuk mengambil langkah-langkah pembebesan sang pilot dan tak mau langkah pembebasan tersebut berdampak pada situasi keamaan di wilayah Papua.

“Kami berupaya maksimal untuk mendapatkan pilot dalam keaadan hidup dan sehat. Kami perlu kehati-hatian dan tidak mau langkah kami menyakiti masyarakat lain sehingga menimbulkan korban baru,” ungkap Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, Senin (7/8) siang.

Kata dia, jika langkah yang diambil berdampak bagi masyarakat Papua, hal itu juga bisa saja mempengaruhi keselamatan Kapten Philips.

“Ya, mungkin nanti berdampak kepada pilot, ini menjadi perhatian utama kami,” jelas Fakhiri.

Hingga kini, pemerintah, TNI dan Polri kata Fakhiri terus berupaya mencari sumber untuk membantu bernegosiasi agar Pilot Susi Air selamat tanpa menimbulkan persoalan baru.

Selain itu, pendekan terhadap keluarga, tokoh masyarakat dan tokoh agama terus dilakukan dengan tujuan penyelamatan sang pilot.

Ia mengklaim melalui Pemda Nduga telah mengambil upaya negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya. Pihaknya sedang menunggu hasilnya.

“Kita tentu menunggu hasil negosiasi itu, kita tidak mau terburu-buru dan tidak mau mengambil langkah-langkah penegakan hukum yang itu tadi, membahayakan pilot dan masyarakat lain. Karena bisa saja tindakan TNI Polri yang mungkin berlebihan berdampak pada masyarakat,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Bhayangkari Cabang Intan Jaya Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Di Pedalaman Papua

Sugapa – Bhayangkari Cabang Intan Jaya menggelar Bhayangkari Peduli dengan membagikan bantuan sembako serta Pakaian kepada masyarakat Pedalaman Papua yang bertempat di...

Bhayangkari Peduli Tembus Zona Merah Di Intan Jaya

Sugapa - Ketua Bhayangkari Cabang Intan Jaya, Ny. Yati Afrizal Asri bersama Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menemui anak-anak di Distrik...

Pressure for Decisive Action Against KKB Following Rusli’s Death in Paniai

Papua- In the aftermath of the tragic incident that claimed the life of Rusli (40) in a shooting carried out by the...

Desakan Tindakan Tegas Terhadap KKB Setelah Tewasnya Rusli di Paniai

Papua — Pasca insiden tragis yang menewaskan Rusli (40) dalam penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Paniai, Jayapura...

Recent Comments