Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Tidak Kenal Takut, inilah sepak terjang Ipda Listra Kogoya dalam Pengabdian pada...

Tidak Kenal Takut, inilah sepak terjang Ipda Listra Kogoya dalam Pengabdian pada Negara dalam Operasi Nemangkawi

Suaranewspapua.com – Dalam pemeliharaan keamanan Tanah Papua dari gangguan KKB, Polri membentuk Satgas Nemangkawi yang setiap tahun selalu dinilai baik oleh tiga Kapolri sepanjang tahun 2018-2021.

Kapolri Listyo Sigit Prabowo, juga mengapresiasi kinerja Satgas Nemangkawi yang selalu berhasil mengamankan masyarakat selama bertugas di Papua.

“Banyak prestasi yang ditoreh oleh Satgas Nemangkawi dalam pelaksanaan tugas menangkap dan mengamankan pelaku. Saya apresiasi kepada seluruh personel operasi Nemangkawi,” kata Kapolri Sigit.

Pada Jumat, 4 Maret 2021,  Dankor Brimob, Irjen Pol Anang Revandoko mengirim enam Polisi Wanita (Polwan) dalam Operasi Nemangkawi di Papua, untuk misi terpuji dalam menjaga pertahanan, keamanan, dan ketertiban masyarakat di Papua.

“Ada juga beberapa Polwan kita yang berangkat ke Papua. Polwan kita adalah Polwan Brimob. Ketika negara memanggil, dia siap. Kemudian Polwan kita adalah Polwan tangguh, kita buktikan. Ini adalah bentuk pertanggungjawaban negara dari pada Korps Brimob Polri,” kata Irjen Pol Anang Revandoko.

Mengenal Ipda Listra Kogoya dari Kesatuan Brimob

Perwira Polwan yang ikut mengabdi ialah sosok Ipda Listra Kogoya, seorang polwan dari kesatuan Brimob Polri asal pegunungan Papua yang rela mengabdi dalam tugas berbahaya nan mulia ini.

Listra (24) merupakan sosok putri asli Papua yang lulus dari Akademi Kepolisian tahun 2019, merupakan anak dari almarhum Apner Kogoya dan Derina Jikwa.

Apner Kogoya, ayah dari perempuan kelahiran di Lualo 28 juni 1996 asal Suku Lanny Jaya itu bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Puskesmas Gamilia, Kabupaten Lanny Jaya.

Disebut oleh rekan-rekannya bahwa Listra adalah sosok yang mudah bergaul, dan ramah, serta pandai memasak. Sehingga keberangkatannya ke Papua akan terus didukung dan dirindukan oleh keluarga dan rekan kerjanya.

Pesan Ipda Listra dalam Tugas

Polwan-polwan tangguh dalam operasi kepolisian mempunyai tugas-tugas khusus sesuai dengan keahliannya masing-masing.

“Saya bersama enam rekan lainnya, ditugaskan untuk operasi Nemangkawi 2021. Saya di bagian operasi OPS. Dan rekan-rekan saya yang lainnya, bagian membantu untuk kegiatan sehari-hari, seperti memplotingan tempat pelaksanaan tugas di sana. Dan ada juga di bagian drone, sebagai manajerial di sana,” tutur Ipda Listra.

Sebagai perwira Polwan yang bertugas, Listra berharap membawa hasil yang terbaik bagi Indonesia.

“Pesan saya ke depan, kita Polwan-Polwan harus bisa lebih tangguh. Jangan kita hanya dibilang orang luar sana, bahwa kita Polwan hanya karena kita perempuan, kita tidak bisa. Tapi kita Polwan harus mampu melihat situasi dan kondisi yang terjadi. Harapan saya, kita berangkat lengkap, pulang lengkap dengan hasil yang terbaik untuk bangsa dan negara,” ujar Listra.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments