Sabtu 2 Maret, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban Wakil Ketua DPR Papua Ingin Kekerasan KKB Papua Dihentikan

Wakil Ketua DPR Papua Ingin Kekerasan KKB Papua Dihentikan

Suaranewspapua.com – Yunus Wonda, Wakil Ketua DPR Papua menyatakan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalah di Papua.

Masalah di Papua yang berasal dari desakan Kelompok Kriminal Bersenjata yang menginginkan kemerdekaan Papua Barat dengan menimbulkan keresahan pada masyarakat.

Aksi-aksi kekerasannya membuat banyak jatuhnya korban dari berbagai pihak, baik dari aparat keamanan, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), hingga warga sipil.

Menyikapi kasus penembakan di Kabupaten Intan Jaya oleh kelompok bersenjata, 22 Februari 2021, Yunus Wonda menyatakan dukanya.

“Kami berduka atas meninggalnya dua prajurit di Intan Jaya. Selama kekerasan masih terus dikedepankan, hal seperti ini akan terus terjadi,” sebut Yunus Wonda, pada Minggu (24/01/2021)

Insiden tersebut menyebabkan, dua prajurit TNI gugur. Keduanya merupakan prajurit Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raiders, Kodam IV/Diponegoro.

Kontak senjata yang sering terjadi di suatu wilayah, seringkali menyebabkan warga sekitar mengungsi ke daerah yang dianggap aman.

“Masyarakat semakin takut. Merasa tidak bebas di tanahnya sendiri. Termasuk dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari hari,” ujarnya.

Yunus Wonda memjnta agar pemerintah pusat mencari solusi tepat menyelesaikan masalah Papua dengan minim kekerasan.

“Kalau pemerintah pusat tidak pernah membuka diri, konflik di Papua tidak akan pernah berhenti,” tutupnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Srikandi Polri Enter Seram Region Sprinkle Smiles

Jayapura- Seram region is one of the areas of the Pegunungan Bintang Regency, Papua Mountain Province which is located not far from...

Srikandi Polri Masuk Wilayah Seram Taburkan Senyuman

Jayapura- Wilayah seram merupakan salah satu wilayah dari Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan yang letaknya tidak jauh dari ibu kota Kabupaten...

Members of the NTT Police Mobile Brigade, Victims of the KKB Shooting in Papua, Again Awarded Promotions

Jayapura- The National Police again awarded Bharaka Rani Yohanes Seran a promotion. He previously suffered a gunshot wound to...

Anggota Brimob Polda NTT Korban Penembakan KKB di Papua Kembali Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Jayapura- Polri kembali menganugerahkan kenaikan pangkat bagi Bharaka Rani Yohanes Seran setingkat lebih tinggi. Ia sebelumnya mengalami luka tembak...

Recent Comments