Sabtu 27 November, 2021
Beranda Keamanan dan Ketertiban Kepala Suku Papua, Jelang 1 Desember Aparat Wajib Tegas

Kepala Suku Papua, Jelang 1 Desember Aparat Wajib Tegas

suaranewspapua.com. Wamena. Kepala Suku Hengky Heselo minta aparat keamanan menindak tegas setiap aksi dari kelompok-kelompok yang berseberangan dengan NKRI demi terciptanya situasi keamanan yang kondisif. (28/11)

Hengky menegaskan jelang 1 desember bahwa setiap kepentingan yang disuarakan oleh kelompok anti pemerintah harus dihadang dan ditiadakan.

“Itu harus dihadang, kalau bisa ditiadakan. Karena tidak memberikan kenyamanan. Mereka jika melakukan aksi sudah pasti menggunggu,” ungkap Hengky.

Hengky sebagai tetua adat di Kabupaten Jayawijaya pun memahami resiko aparat ketika menghadapi kelompok yang berafiliasi oada gerakan separatisme. Meski demikian ia beranggapan bahwa aparat tetap memiliki hak yang dijamin oleh undang-undang.

Terlintas dibenak Hengky jika kelompok anti pemerintah diberi keleluasaan maka akan menimbulkan ancamanan. Ia mengatakan meski pembawaan kampanyenya dengan embel-embel damai, namun pelaksanaannya akan berbeda. Ia menuturkan peristiwa pada tahun 2019 lalu cukup menjadi sejarah dimana kota wamena pecah dan menjadi sangat mencekam.

“Dulu (2019) apa sebabnya, itu karena mereka diberikan tempat untuk melakukan aksi. Jangan sampai terulang kembali peristiwa menyedihkan itu. Kasian rakyat yang akan ketakuan,” ujarnya.

Menurut hengky, meski aktivitas tetap berjalan sebagaimana biasanya, momen 1 desember menjadi satu hal yang masih dianggap perlu mendapat perhatian lebih dari aparat kepolisian dan TNI.

“Memang 1 desember ini tidak akan ada perayaan apa-apa. Semua tenang dan masyarakat tetap beraktivitas seperti biasa. Tapi semua pihak tetap harus bisa antisipasi, ini juga demi situasi keamanan di Papua,”

Diakhir kesempatannya Hengky mengajak masyarakat untuk tidak terpengaruh ajakan yang bernada provokasi oleh kelompok-kelompok yang tidak bertanggungjawab. Dirinya juga mengharap kepada Kepolisian dan TNI untuk tegas dalam menghalau aksi yang berorientasi pada gerakan melawan NKRI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments