Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Di Bawah Ancaman KKB, Polda Papua Deteksi Dini Pilkada Papua

Di Bawah Ancaman KKB, Polda Papua Deteksi Dini Pilkada Papua

suaranewspapua.com. JAYAPURA- Polda Papua meningkatkan deteksi dini guna pemetaan kerawanan potensi konflik dalam rangka persiapan pengamanan Pilkada serentak 2020 di 11 Kabupaten di Papua.

“Khususnya ancaman dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Sebagaimana kita ketahui akhir-akhir ini KKB semakin eksis dan melakukan berbagai gangguan keamanan bahkan mengakibatkan timbulnya korban jiwa baik aparat keamanan maupun masyarakat sipil,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal pada Rabu (14/10/2020).

Untuk itu Polda Papua menggelar Joint Analysis Bidang Kamneg 2020 untuk mengevaluasi situasi dan kondisi yang berkembang yang perlu mendapatkan perhatian serius oleh seluruh satuan jajaran selaku pengemban tugas intelijen.

Juga perlu menyamakan pola pikir dan pola tindak dibidang operasional, termasuk mengantisipasi kegiatan pemerintah dan masyarakat yang berskala besar termasuk Pilkada di 11 Kabupaten di Provinsi Papua.

“Agar dapat dipergunakan sebagai pedoman bagi panitia dan peserta sehingga penyelenggaraan kegiatan dapat berjalan dengan tertib dan lancar serta menghasilkan produk dan langkah-langkah yang tepat,” tambah Kamal.

Kegiatan analisis itu dipimpin langsung oleh Wakapolda Papua Brigjen Pol Drs Mathius D Faikhiri dan berlangsung Selasa (14/10/2020). Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Kabaintelkam Polri yang diwakili Kombes Djati Wiyoto Abadhy, Staf Kepresidenan Laos Deo Calvin Rumayom, dan Pejabat Utama Polda Papua.

Provinsi Papua akan melaksanakan pilkada serentak 2020 di 11 Kabupaten yaitu Kabupaten Supiori, Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Boven Digoel, dan Kabupaten Pegunungan Bintang.

Juga di Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Yalimo, Kabupaten Merauke, Kabupaten Waropen, Kabupaten Keerom, Kabupaten Asmat, dan Kabupaten Nabire.

Selain KKB, potensi kerawanan tersebut antara lain berupa konflik antar pendukung partai, konflik antar partai politik, dukungan ganda partai politik, politisasi SARA antar paslon dan antar pendukung.

Lalu politik identitas, berita hoax, gangguan kamtibmas terkait pemilu, money politic , dan black campaign .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments