Jumat 19 Juli, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban HUT OPM, Keamanan di Papua Aman Terkendali

HUT OPM, Keamanan di Papua Aman Terkendali

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw berterima kasih kepada semua pihak untuk menjaga keamanan 1 Juli yang diklaim sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Kapolda Papua menyebutkan situasi Papua secara keseluruhan aman dan terkendali, meski sempat terdengar isu akan ada pergerakan di wilayah Keerom. 

Untuk mengantisipasi gerakan 1 Juli dari kelompok yang berseberangan dengan NKRI, Polda Papua menambah satu pleton Brimob untuk memperkuat pengamanan di Keerom, kabupaten yang berbatasan langsung dengan negara Papua Nugini.

“Namun hingga petang tadi, kondisi di Keerom kondusif dan keamanan di Papua secara keseluruhan juga berjalan dengan baik,” katanya, Rabu (1/7).

Kapolda Papua memastikan kelompok yang selama ini berseberangan dengan NKRI sudah menyadari, bahwa perayaan ini dilakukan cukup dengan ibadah saja. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kebersamaan kita ini. Artinya mereka paham meski berbeda sedikit pandangan tentang 1 Juli tapi mereka paham tentang keadaan di Papua,” katanya. 

Waterpauw menilai keamanan di Papua terjadi lantaran adanya komunikasi yang dilakukan, seperti pendekatan lewat Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa serta satuan lain untuk melakukan upaya bersinergi membangun komunikasi dengan kelompok seberang.

“Misalnya ada yang masih membutuhkan bantuan pangan maka kita bantu. Secara manusiawi, mereka (kelompok berseberangan) kan melihat selama ini kita humanis dan tidak melakukan langkah tegas. Sekali lagi terima kasih atas semua pengertian dan pemahaman yang sama,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 202

Мостбет Приложение Apk Для Android а Ios Скачать Версия 2024Скачать Приложение Mostbet Для Android Apk И Ios БесплатноContentПреимущества Использования Приложения МостбетСкачать Mostbet Приложение для...

To quell riots in Puncak Jaya, Cartenz Peace Task Force is deployed

Jayapura- Members of the Cartenz Peace Task Force have arrived in Mulia, Kab. Puncak Jaya, Central Papua to help restore security after.

Redam Kerusuhan di Puncak Jaya, Satgas Damai Cartenz Dikerahkan

Jayapura- Anggota Satgas Damai Cartenz telah tiba di Mulia, Kab. Puncak Jaya, Papua Tengah untuk membantu memulihkan keamanan seusai kerusuhan.

Catholic Religious Figure: There is No Difference in Maintaining Peace

Jayapura - Chairman of the Papuan Catholic Youth, Melianus Asso, expressed his appreciation to the TNI and Polri security forces who have...

Recent Comments