Kamis 18 April, 2024
Beranda Olahraga Jokowi Pastikan PON XX di Papua tetap di Helat Tahun ini, Torang...

Jokowi Pastikan PON XX di Papua tetap di Helat Tahun ini, Torang Bisa!

Presiden RI, Joko Widodo, memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tetap dihelat Oktober mendatang. Dia pun meminta program vaksinasi atlet dipercepat.

Hal ini dipertegas Jokowi lewat akun media sosialnya, baik di Twitter maupun Instagram, Senin (15/3/2021), sambil mengunggah foto Stadion Papua Bangkit yang direncanakan jadi venue pembukaan PON 2020 di Papua.

Ini sekaligus membantah isu bahwa PON akan kembali diundur karena pandemi virus corona belum juga reda, sehingga pemerintah fokus pada pemulihan kesehatan serta ekonomi nasional.

“Empat dari tujuh venue olahraga untuk penyelenggaraan PON XX di Papua ini telah selesai,” ujar Jokowi.

“Saya telah menginstruksikan agar PON XX, bulan Oktober 2021, disiapkan sebaik mungkin. Salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 sebelumnya terhadap seluruh kontingen atlet dan perangkatnya,” sambungnya.

PON 2020 di Papua harusnya dihelat 20 Oktober-2 November tahun lalu, namun diundur setahun menjadi 2 Oktober hingga 13 Oktober 2021. Maka dari itu Jokowi meminta jajarannya terutama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempercepat vaksinasi bagi atlet di seluruh Indonesia.

Selain itu tentunya juga tiga venue olahraga yang belum selesai untuk segera dituntaskan, agar bisa segera diujicobakan. Kemenpora pun siap dengan instruksi presiden dan akan segera menjalankannya.

“Arahan bapak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada 2021 ini. Tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai rapat terbatas.

“Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa. Protokol kesehatan tentu itu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,” jelasnya

Sebelumnya Beredar di Media Jubi.co.id dengan judul PB PON ungkap alasan gubernur minta pelaksanaan PON di tunda.a
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON Papua, mengungkap alasan Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta pelaksanaan iven empat tahunan yang akan digelar di provinsi tertimur Indonesia pada Oktober 2021 mendatang ditunda.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan permintaan penundaan disampaikan Lukas Enembe yang merupakan Ketua Umum PB PON ke-20, ketika bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, 24 Februari 2021 lalu.

“Ada dua alasan utama Gubernur Papua meminta pelaksanaan PON digeser (ditunda) ke tahun berikut (2022). Pertama karena alasan Covid-19
Pak Gubernur melihat ini pesta rakyat dan euforia rakyat. Karena PON ini pesta rakyat, beliau mau jangan lagi ada pembatasan,” kata Yunus Wonda, Jumat (12/3/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Bodies of Police Victims of Persecution in Yahukimo Will Be Buried in Sarmi

Jayapura- The body of Bripda Oktovianus Buara, a victim of compilation by an unknown person (OTK) in...

Jenazah Polisi Korban Penganiayaan di Yahukimo Akan Dimakamkan di Sarmi

ayapura- Jenazah Bripda Oktovianus Buara, korban penganiayaan oleh orang tak dikenal (OTK) di Kabupaten Yahukimo, telah diterbangkan...

Chairman of Barisan Merah Putih Supports and Appreciates Polri’s Recruitment of Bintara in Papua

Jayapura - Max Abner Ohee, as the Chairman of Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP RI), expressed...

Ketua Barisan Merah Putih Dukung dan Apresiasi Penerimaan Bintara Polri di Papua

Jayapura - Max Abner Ohee, selaku Ketua Barisan Merah Putih Republik Indonesia (BMP RI), menyampaikan dukungan penuhnya...

Recent Comments