Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Olahraga Jokowi Pastikan PON XX di Papua tetap di Helat Tahun ini, Torang...

Jokowi Pastikan PON XX di Papua tetap di Helat Tahun ini, Torang Bisa!

Presiden RI, Joko Widodo, memastikan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tetap dihelat Oktober mendatang. Dia pun meminta program vaksinasi atlet dipercepat.

Hal ini dipertegas Jokowi lewat akun media sosialnya, baik di Twitter maupun Instagram, Senin (15/3/2021), sambil mengunggah foto Stadion Papua Bangkit yang direncanakan jadi venue pembukaan PON 2020 di Papua.

Ini sekaligus membantah isu bahwa PON akan kembali diundur karena pandemi virus corona belum juga reda, sehingga pemerintah fokus pada pemulihan kesehatan serta ekonomi nasional.

“Empat dari tujuh venue olahraga untuk penyelenggaraan PON XX di Papua ini telah selesai,” ujar Jokowi.

“Saya telah menginstruksikan agar PON XX, bulan Oktober 2021, disiapkan sebaik mungkin. Salah satunya adalah vaksinasi Covid-19 sebelumnya terhadap seluruh kontingen atlet dan perangkatnya,” sambungnya.

PON 2020 di Papua harusnya dihelat 20 Oktober-2 November tahun lalu, namun diundur setahun menjadi 2 Oktober hingga 13 Oktober 2021. Maka dari itu Jokowi meminta jajarannya terutama Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk mempercepat vaksinasi bagi atlet di seluruh Indonesia.

Selain itu tentunya juga tiga venue olahraga yang belum selesai untuk segera dituntaskan, agar bisa segera diujicobakan. Kemenpora pun siap dengan instruksi presiden dan akan segera menjalankannya.

“Arahan bapak Presiden, karena ini sudah siap, kita akan lakukan pada 2021 ini. Tidak ada penundaan PON karena ini sudah sempat kita tunda pada 2020,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali usai rapat terbatas.

“Kita belajar dari Olimpiade Tokyo yang nanti akan dilakukan beberapa bulan ke depan. Kita akan lihat di situ penerapannya seperti apa. Protokol kesehatan tentu itu menjadi penting dan harus dilakukan dengan disiplin,” jelasnya

Sebelumnya Beredar di Media Jubi.co.id dengan judul PB PON ungkap alasan gubernur minta pelaksanaan PON di tunda.a
Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional atau PB PON Papua, mengungkap alasan Gubernur Papua, Lukas Enembe meminta pelaksanaan iven empat tahunan yang akan digelar di provinsi tertimur Indonesia pada Oktober 2021 mendatang ditunda.

Ketua Harian PB PON Papua, Yunus Wonda mengatakan permintaan penundaan disampaikan Lukas Enembe yang merupakan Ketua Umum PB PON ke-20, ketika bertemu Wakil Presiden Ma’ruf Amin, 24 Februari 2021 lalu.

“Ada dua alasan utama Gubernur Papua meminta pelaksanaan PON digeser (ditunda) ke tahun berikut (2022). Pertama karena alasan Covid-19
Pak Gubernur melihat ini pesta rakyat dan euforia rakyat. Karena PON ini pesta rakyat, beliau mau jangan lagi ada pembatasan,” kata Yunus Wonda, Jumat (12/3/2021).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments