Minggu 26 Mei, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Calon Kapolri Baru Pilihan Presiden Mendapat Dukungan Tokoh-Tokoh Papua

Calon Kapolri Baru Pilihan Presiden Mendapat Dukungan Tokoh-Tokoh Papua

Suaranewspapua.com – Sejumlah tokoh Papua menyambut baik keputusan Presiden RI Joko Widodo yang mengusulkan Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal kapolri untuk menggantikan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang akan memasuki usia pensiun.

Nama Listyo diajukan kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melalui Surat Presiden yang diserahkan pada Rabu, 13 Januari, 2020.

Listyo Sigit saat ini menjabat Kepala Badan Reserse Kriminal Markas Besar Polri. Sebagai lulusan Akademi Kepolisian 1991, perwira tinggi kelahiran 5 Mei 1969 tersebut pernah menjadi Kapolres Pati, Jawa Tengah. Prestasinya yang luar biasa, seperti berhasil menangkap Djoko Tjandra, dan mengungkap kasus Novel Baswedan, memberikan Listyo rekam jejak yang excellent.

Bupati Mimika, Eltinus Omaleng di Timika, menyebutkan keputusan Presiden Joko Widodo yang berani untuk mengusulkan Komjen Listyo sebagai calon tunggal Kapolri, mengingat latar belakang yang bersangkutan sebagai seorang Kristiani di tengah mayoritas warga Indonesia yang beragama Islam, Kamis (14/1/2021)

“Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri dan kami mendukung sepenuhnya keputusan Presiden Jokowi yang telah memilih Komjen Listyo sebagai calon tunggal” ujar Eltinus.

 Hal serupa juga dikemukakan Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob. Mantan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Mimika itu berharap DPR RI bisa segera menyetujui usulan nama kapolri yang telah diajukan oleh Presiden Jokowi.

“Kami di Papua tentu menyambut gembira sekaligus mengapresiasi keputusan Presiden Jokowi yang telah memilih Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal Kapolri yang baru,” sebut John Rettob.

Naiknya Listyo Sigit sebagai Kapolri, diharapkan mampu menangani berbagai permasalahan di bumi Cenderawasih yang selama ini selalu bergejolak, baik dari kekerasan maupun politik divide et impera. Setelah namanya diajukan Presiden Jokowi ke DPR, Listyo akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi Hukum DPR, yang kemungkinan di mulai pada 18 Januari 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recruitment of Police Members at Papua Regional Police Receives Appreciation from Traditional Leaders

Jayapura- Ramses Wally, one of the leading traditional figures in Papua Province, expressed his appreciation to the Papua Regional Police Chief, Inspector...

Rekrutan Anggota Polri di Polda Papua Mendapat Apresiasi dari Tokoh Adat

Jayapura- Ramses Wally, salah satu tokoh adat terkemuka di Provinsi Papua, memberikan apresiasi kepada Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, dan...

Positive Synergy: Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force and Media Crew Build Solid Cooperation Through Gathering Events

Timika - The Cartenz Peace Ops Public Relations Task Force demonstrated its commitment to strengthening solid cooperation and mutual support by holding...

“Sinergi Positif: Satgas Humas Ops Damai Cartenz dan Awak Media Bangun Kerja Sama Solid Melalui Acara Silaturahmi”

Timika - Satgas Humas Ops Damai Cartenz memperlihatkan komitmen dalam memperkuat kerja sama yang solid dan saling mendukung dengan menggelar acara silaturahmi...

Recent Comments