Rabu 8 Desember, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Tokoh Adat : Papua Maju Dengan Otsus, Terbukti Banyak Pemekaran

Tokoh Adat : Papua Maju Dengan Otsus, Terbukti Banyak Pemekaran

suaranewspapua.com. jayapura. Otonomi khusus (Otsus) yang diberikan pemerintah pusat untuk Papua  melahirkan daerah yang unggul di bidang pembangunan dan SDM melalui pemekaran.

Hal ini diungkapkan salah satu tokoh adat pegunungan tengah Papua di Kota Jayapura.

“Karena Otsus, banyak pemekaran kabupaten terjadi, sehingga kita bisa lihat bahkan ada daerah pemekaran sudah maju seperti kabupaten induk, Jayawijaya,” kata Kepala Suku Lapago wilayah Entrop Kota Jayapura, Andius Tabuni di Kota Jayapura, Jumat (27/11/2020).

Ia menilai dari beragam laporan media cetak dan elektronik, menunjukkan bahwa pembangunan terus terjadi disegala bidang, bahkan banyak pelajar dan mahasiswa yang berkuliah dari daerah pemekaran tersebut.

“Seperti di Tolikara, Yahukimo, dan Lanny Jaya, sudah maju pembangunannya, ini contoh saja,” ungkapnya.

Namun, kata dia, patut disayangkan karena pemerintah di provinsi atau di daerah kurang transparan dalam penyerapan dana Otsus yang diberikan hingga puluhan atau ratusan triliunan rupiah.

“Saya sebagai salah satu tokoh adat, akan dipanggil (diminta saran dan masukan, bahkan menyelesaikan persoalan) jika ada masalah, selebih dari itu tidak, sehingga kembali kepada kesibukan saya yakni berkebun,” katanya menyindir.

Andius pun mengharapkan, berharap para tokoh adat dan agama, seharusnya dilibatkan dalam segala hal.

“Perlu dilibatkan dalam masalah ini juga, bukan ada masalah baru dilibatkan. Karena kita tahu bahwa para tokoh ini sangat penting. jangan pas ada masalah baru dipanggil,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments