Jumat 14 Juni, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban Bawaslu Papua Cek Kesiapan Pilkada Supiori

Bawaslu Papua Cek Kesiapan Pilkada Supiori

Suaranewspapua.com- BIAK- Untuk memastikan tahan Pilkda di Kabupatn Supiori sudah berjalan, Pelaksana tugas Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Papua Yuhender Mabuai mengunjungi Kantor Bawaslu Kabupaten Supiori.

Dalam kunjungan Rabu (01/07) tersebut Yuhender menjelaskan, kehadirannya di Supiori untuk memastikan tahapan di wilayah tersebut telah berjalan.

Dikatakan Yuhender, Bawaslu Kabupaten Supiori masuk dalam persiapan Satker dari 80 kabupaten yang disiapkan untuk satuan kerja tersendiri, kelola anggarannya sendiri dan juga atur rumah tangganya sendiri.

Sehingga terkait hal itu kata Yuhender,  ia turun melihat seberapa besar kesiapan dari Bawaslu kabupaten supiori, apakah layak, untuk dilanjutkan atau tidak.

Namun hal yang paling utama, yaitu dalam rangka persiapan pemilukada ini, tahapan sudah berjalan, sudah masuk tahapan ferifikasi faktual, dimana pengawas dilapangan sudah harus dilengkapi dengan alat pelindung diri (APD) dimasa pandemi covid-19.

Sehingga dikatakan dalam melaksanakan tugas kita terhindar dari serangan Covid-19 atau biasa disebut virus corona.

Yang ketiga adalah monitoring pelaksaanaan laporan keuangan, kata Yuhender.

Dikatakan Yuhender, selain melihat kesiapan juga melihat kesiapan untuk mengatur satker dan mengelola anggarannya dan juga rumah tangganya sendiri, sesuai perintah pimpinan.

Disinggung mengenai anggaran Pilkada, khusus Kabupaten Supiori, Yuhendra Mabuai mengatakan prinsipnya sesuai dengan permendagri 41 tahun 2020 tentang penyelenggaraan pemilukada sudah jelas bahwa semua anggaran yang digunakan untuk pemilukada disiapkan, difasilitasi oleh pemerintah daerah.

Namun dikatakan Yuhendra, dengan situasi yang terjadi saat ini, pandemi covid-19, kami menyesuaikan, karena sudah ada NPHD sebelumnya, yang dilakukan hanya pembenahan-pembenahan.

“Anggaran yang ada yang kita gunakan sebaik mungkin. untuk APD jika pemda tidak siapkan,  kami akan siapkan. Kami sudah jalan. Karena ada tahapan yang harus dilengkapi dengan APD,”ucapnya.

Dikatakan ada beberapa tahapan yang harus dilengkapi APD, Yaitu tahahapan verifikasi faktual untuk pasangan perseorangan, kemudian masuk tahapan coklis, pemutahiran data pemilih, setelah itu masuk masa kampanye, dimana mereka, petugas kita akan turun kelapangan untuk melihat pertemuan-pertemuan yang terjadi, dimana ada kerumunan massa, sehingga mereka harus dilengkapi APD.

Dalam kesempatan tersebut, Yuhender Mabuai berharap Bawaslu Kabupaten Supiori tetap sportif, lakukan yang terbaik, sehingga persiapan untuk menjadi satker ini benar-benar terwujud.

Jangan ada hal-hal yang membuat penilaian ini menjadi menurun, paling tidak yang ada saat ini, dijaga dan ditingkatkan, dan ketika dilantik nanti betul-betul sudah siap, tidak ada masalah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Bhayangkari Cabang Intan Jaya Bagikan Bantuan Kepada Masyarakat Di Pedalaman Papua

Sugapa – Bhayangkari Cabang Intan Jaya menggelar Bhayangkari Peduli dengan membagikan bantuan sembako serta Pakaian kepada masyarakat Pedalaman Papua yang bertempat di...

Bhayangkari Peduli Tembus Zona Merah Di Intan Jaya

Sugapa - Ketua Bhayangkari Cabang Intan Jaya, Ny. Yati Afrizal Asri bersama Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri menemui anak-anak di Distrik...

Pressure for Decisive Action Against KKB Following Rusli’s Death in Paniai

Papua- In the aftermath of the tragic incident that claimed the life of Rusli (40) in a shooting carried out by the...

Desakan Tindakan Tegas Terhadap KKB Setelah Tewasnya Rusli di Paniai

Papua — Pasca insiden tragis yang menewaskan Rusli (40) dalam penembakan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Paniai, Jayapura...

Recent Comments