Selasa 27 Februari, 2024
Beranda kesehatan Teluk Bintuni Siapkan Protokol Kesehatan Memasuki Pilkada 2020

Teluk Bintuni Siapkan Protokol Kesehatan Memasuki Pilkada 2020

Suaranewspapua.com.- TELUK BINTUNI.- Gugus tugas percepatan penanganan virus corona jenis baru (COVID-19) Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, sedang menyiapkan protokol kesehatan pada pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Juru bicara pemerintah Kabupaten Teluk Bintuni pada penanganan COVID-19, dr Wiendo Syahputra di Teluk Bintuni, Minggu menyebutkan pekan lalu sudah dilakukan pertemuan bersama Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) setempat.

Pada kesempatan itu pihaknya pun telah mempresentasikan protokol kesehatan pada pelaksanaan Pilkada.

“Pada dasarnya keprotokolan itu akan mengacu pada surat edaran yang dikeluarkan KPU pusat. Setiap daerah yang akan menggelar Pilkada tinggal menyesuaikan,” ucap Wiendo seperti dilansir Antara.

Sesuai surat edaran tersebut, lanjut Wiendo, pelaksanaan Pilkada harus disesuaikan dengan situasi penularan COVID-19 dan kesiapan masyarakat di daerah.

Ada tiga faktor penting yang harus diperhitungkan sebelum daerah memutuskan untuk menggelar Pilkada, yakni kesiapan penyelenggara pemilu, keberhasilan pengendalian COVID-19 di masing-masing daerah dan yang ketiga partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan Pilkada.

“Karena Pilkada serentak tahun unit karena bertepatan dengan situasi pandemi sehingga seluruh tahapan harus dilaksanakan dengan protokol kesehatan. Maka tiga hal tadi harus benar-benar diperhatikan,” ujarnya lagi.

KPUD bersama gugus tugas, kata Wiendo, berusaha mempersiapkan protokol kesehatan secara detail. Tidak boleh satu pun dari tiga faktor tersebut terabaikan karena dapat berakibat fatal baik terhadap keberhasilan Pilkada maupun risiko penularan COVID-19.

Untuk alat pelindung diri (APD) bagi penyelenggara Pemilu, menurutnya, akan dipersiapkan oleh KPU. Pada pesta demokrasi ini gugus tugas punya tanggungjawab untuk mengawal dari sisi teknis penerapan protokol kesehatan.

“KPU sendiri tentu sudah mengalokasikan dana untuk pengadaan APD. Anggaran untuk APD itu pun pastinya akan didukung oleh pemerintah daerah. Kami hanya membantu dari sisi teknis penggunaan APD, pelaksanaan protokol serta perhitungan jumlah APD yang dibutuhkan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Australia Appreciates Indonesian Government for Developing Papua and Keeping Security

Jayapura- The Australian Government through its Ambassador, HE Penny Williams met with Papua Police Chief Inspector General Mathius D. Fakhiri and Head...

Bertemu Kapolda Papua dan Ka Ops Damai Cartenz-2024, Australia Apresiasi Pemerintah RI Bangun Papua dan Jaga Keamanan

Jayapura- Pemerintah Australia melalui Duta Besarnya, HE Penny Williams bertemu Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri dan Ka Ops Damai Cartenz-2014,...

Ahead of Plenary, Security Forces Tightly Guard KPU Kab. Bintang Mountains

Oksibil- The joint TNI-POLRI security forces strictly guarded the KPU Kab. Bintang Mountains ahead of the Regency level plenary meeting, Tuesday, February...

Jelang Pleno, Aparat Keamanan Jaga Ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang

Oksibil- Aparat keamanan gabungan TNI-POLRI jaga ketat KPU Kab. Pegunungan Bintang jelang rapat Pleno tingkat Kabupaten, Selasa 26 Februari 2024.

Recent Comments