Jumat 29 Maret, 2024
Beranda kesehatan Angka Kesembuhan Covid-19 di Papua Tembus 50 Persen

Angka Kesembuhan Covid-19 di Papua Tembus 50 Persen

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Upaya penanganan Covid-19 di Papua mulai membuahkan hasil menggembirakan. Hari ini, angka kesembuhan pasien telah menembus 50 persen. Hal ini salah satunya dinilai sebagai dampak pelacakan secara masif untuk menemukan pasien positif saat kondisinya masih ringan sehingga memudahkan proses penyembuhan.

Dilansir dari bebas.kompas.id., Juru Bicara Satgas Pengendalian, Pencegahan, dan Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, Silwanus Sumule, di Jayapura, Jumat (26/6/2020) malam mengatakan, Saat ini, sebanyak 815 orang dari total 1.619 kasus kumulatif Covid-19 atau 50,3 persen yang telah sembuh. Sementara sebanyak 790 pasien (48,8 persen) masih menjalani perawatan. Sehari sebelumnya, pasien yang dirawat sebanyak 813 orang dan jumlah pasien yang sembuh sebanyak 773 orang.

”Akhirnya, angka kesembuhan pasien mencapai 50 persen setelah tiga bulan Covid-19 melanda Papua. Hal ini berkat kerja keras tim gugus tugas yang cepat menemukan pasien dalam kondisi masih sakit ringan,” kata Silwanus.

Ia menuturkan, masih terjadi penambahan 17 kasus positif Covid-19 di Papua pada Jumat ini. Kasus baru ini tersebar di Kota Jayapura sebanyak 15 orang, Kabupaten Jayapura 1 orang, dan Kabupaten Mimika 1 orang. Namun, angka kesembuhan pasien hari ini juga sangat tinggi, yakni sebanyak 40 orang.

“Kami berharap masyarakat sadar bahwa mereka adalah garda terdepan untuk menekan reproduksi Covid-19. Caranya dengan melaksanakan protokol kesehatan secara disiplin, seperti mencuci tangan dan menjaga jarak di pusat keramaian,” tutur Silwanus.

Ia pun berharap, pemerintah daerah di sejumlah kabupaten yang memiliki jumlah orang dalam pemantauan (ODP) yang tinggi segera melaksanakan tes cepat. Hal ini seperti di Mimika (1.695 orang), Kota Jayapura (862 orang), dan Tolikara (281 orang). “Dengan melaksanakan tes cepat, status ODP itu reaktif atau negatif Covid-19 bisa diketahui secara lebih dini,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Ni Nyoman Sri Antari mengatakan, secara akumulatif, jumlah pasien sembuh di ibu kota Provinsi Papua tersebut telah mencapai 305 orang. “Rata-rata pasien yang sembuh hanya menjalani perawatan sekitar satu minggu di rumah sakit maupun di Hotel Sahid yang disiapkan oleh Pemkot Jayapura. Tim surveilans berhasil menemukan mereka dalam kondisi belum sakit berat,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments