Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Ekonomi Bisnis Penyuluh: SDM Pertanian Papua Kini Setara Petani 33 Provinsi

Penyuluh: SDM Pertanian Papua Kini Setara Petani 33 Provinsi

Suaranewspapua.com.- MAPPI.- Saat ini hampir semua penduduk dataran tinggi dan sebagian besar penduduk dataran rendah Papua merupakan petani penetap dengan sistem produksi makanan seperti 33 provinsi lainnya. Petani modern Papua mengubah perladangan berpindah menjadi menjadi sistem ladang berpagar, bersaluran air, dan dikelola intensif untuk menyokong kebutuhan pangan Orang Asli Papua (OAP).

Taslia Sangkala adalah salah satu pionir pertanian modern di Kabupaten Mappi, Provinsi Papua. Kerja kerasnya bersama penyuluh sejak 2006 mengajak OAP budidaya padi menuai hasil menggembirakan. Produktifitas 5,8 ton gabah kering panen (GKP) diperoleh dari varietas Mekongga oleh kelompok tani (Poktan) Hefa Star pada lahan seluas delapan hektar, belum lama ini.

Petani pada tiga distrik di Mappi antara lain Edera, Obaa dan Haju dibimbing oleh Taslia Sangkala dari Kampung Ghanu di Distrik Nambioman Bapai untuk mengubah kebiasaan berburu dan berladang berpindah-pindah menjadi petani tanaman pangan dan hortikultura. Sementara penyuluh Mappi hadir melakukan pendampingan teknis budidaya.

Aktifitas Taslia, pria berdarah campuran Bugis dan Papua, didampingi penyuluh Dionosius Reyaan dan Wandri Taruk Allo membimbing Poktan Hefa Star yang diketuai Taslim Wandemongin menanam padi pada lahan seluas delapan hektar. Hasil panennya diapresiasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mappi setelah menembus hasil panen hampir enam ton GKP per hektar.

“Hasil panen Poktan Hefa Star yang dipimpin OAP sungguh luar biasa. Produktifitas rata-rata pada 2018 baru mencapai 2,9 ton GKP per hektar, sementara yang dipimpin OAP bisa mencapai 5,8 ton per hektar,” kata Vinsentius Jamlean, Kepala Dinas Pertanian Pemkab Mappi.

Menurut Vinsentius Jamlean, budidaya padi organik tanpa pupuk kimia yang dilakukan OAP merupakan transformasi budaya dari kebiasaan berburu menjadi petani menetap. “Hal ini sungguh luar biasa karena tidak disangka kalau OAP bisa menjadi petani padi yang produktif,” tutur dia.

Kinerja Taslia Sangkala, kata Vinsentius, berawal dari uji coba menanam padi sekitar lima petak. Pemkab Mappi mendukung langkah tersebut pada 2018 dengan pendampingan penyuluh dan fasilitasi pelatihan bagi Poktan untuk pengolahan lahan tanaman padi, kini OAP pandai membudidayakan tanaman padi.

Taslim Wandemongin mengungkap bahwa Poktan Hefa Star yang dia pimpin terbentuk pada 2006, kemudian melalui pendampingan penyuluh Mappi maka legalitas Poktan secara kelembagaan dikukuhkan Dinas Pertanian Pemkab Mappi. Taslim Wandemongin selaku Ketua Poktan Hefa Star bersama Sekretaris Sabinus Tave Kamogin, Bendahara Soni Wandemogin dan 13 anggota Poktan.

Penyuluh Wandri Taruk Allo menambahkan pihaknya terus mendampingi petani OAP melakukan panen padi organik dilanjutkan percepatan tanam pada musim tanam kedua (MT II) untuk periode April – September (Asep) setelah MT I pada Oktober – Maret (Okmar).

Penyuluh Pusat, Siti Nurjanah di Kementerian Pertanian RI mengatakan kemampuan OAP merupakan transformasi budaya, sosial dan teknologi berkontribusi pada ketahanan pangan seperti diinstruksikan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo agar petani dan penyuluh tetap bekerja di lapangan dengan mematuhi Protokol Kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mengingatkan tentang pentingnya menangkal virus Corona untuk selalu kenakan masker, hindari kerumunan, jaga jarak dan rajin cuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir sebelum dan setelah beraktifitas. “Petani, penyuluh dan para pemangku kepentingan harus sehat. Kalau sehat, stok pangan pun aman,” tutur dia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments