Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Apresiasi Pengalaman Kabid Pol PP Yansen Saat Awal Menampung Warga Pengungsi dari Kiwirok

Pengalaman Kabid Pol PP Yansen Saat Awal Menampung Warga Pengungsi dari Kiwirok

Pegubin – Keberadaan para pengungsi Kiwirok di Ibu Kota Oksibil, tak luput dari beberapa peran beberapa tokoh yang membantu warga di pengungsian. Salah satunya adalah Kabid Pol PP Yansen yang ikut mendampingi warga selama dikota Oksibil.


Kehadirianya Yansen di tengah para pengungsi ini dari bulan-bulan pertama masyarakat Kiwirok meninggalkan kampung halamanya. Terutama di delapan bulan pertama sebelum bantuan makananan dari berbagai pihak berdatangan.


Hal ini Ia sampaikan saat diwawancari secara khusus pada kegiatan Doa Bersama pada acara Bakar Batu yang digelar di Oksibili. 


“Iya mereka datang dan kami sambut dengan baik dengan membantu memberikan makanan dan minuman, karena mereka juga bagian dari keluarga kami,” ucap Yansen.


Lebih lanjut Yansen menambahkan saat masyarakat Kiwirok mengungsi ke Oksibil Dia menampung dirumah pribadinya sebanyak 7 KK atau tiga puluh orang yang ia tampung. 


“Karena waktu itu saya juga punya rumah di Oksibil, kita tampung sebanyak 30 orang dengan membantu memberikan beberapa kebutuhan mereka,” jelas Yansen.


Terkait adanya pemulangan yang dilakukan oleh Satgas Damai Cartenz, Dia berharap rencana ini dapat terealisasi sebelum perayaan natal dan tahun baru. Karena hal tersebut menjadi harapan besar dari seluruh masyarakat Kiwirok yang ada di penampungan.


“Kami sudah sangat yakin 100% untuk pulang ke kiwirok dan harapakan kami bisa pulang sebelum natal,” tegas Yansen.


Diakhir, dirinya juga mengapresiasi TNI Polri khususnya Satgas Damai Cartenz yang selama ini sudah banyak membantu masyarakat Kiwirok selama berada di Pengungsian.


“Kami terimakasih atas semua yang sudah dilakukan oleh TNI dan Polri, mewakili masyarakat, kami sangat senang dengan respon aparat tni-polri dan pemerintah untuk memulangkan kami ke kampung halaman. Semoga rencana ini dapat berjalan sesuai harapan,” tutup Yansen Penuh harap.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments