Sabtu 27 November, 2021
Beranda Olahraga Menpora: 3 Venue Olahraga PON XX Harus Selesai Bulan April

Menpora: 3 Venue Olahraga PON XX Harus Selesai Bulan April

Jakarta – Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa pembangunan venue pertandingan untuk Pekan Olahraga Nasional atau PON Papua hampir tuntas 100 persen. Sejumlah venue berlanjut untuk venue panahan, sepatu roda, dan dayung yang diperkirakan rampung April 2021.

“Kontingen dari 34 provinsi juga telah menyatakan kesiapan mengikuti PON Papua 2021,” kata Zainudin saat bertemu Ketua DPD La Nyalla Mahmud Mattalitti membahas persiapan PON Papua 2021 di Ruang Delegasi Ketua DPD RI Gedung Nusantara III, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Maret 2021.

Zainudin menyampaikan kemajuan persiapan penyelenggaraaan PON Papua 2021 berdasarkan laporan Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Papua, termasuk persiapan akomodasi dan tranportasi atlet di Kota dan Kabupaten Jayapura, Mimika, dan Merauke yang sudah hampir rampung.

“Saat ini dibutuhkan dasar hukum baru Keppres dan Inpres 2020 menjadi 2021, isi tetap, hanya saja tahun berbeda karena DIPA Kemenpora bisa berakibat temuan, dan Presiden sudah memberi arahan untuk segera diperbaiki,” kata Zainudin.
Ia menambahkan, “Selanjutnya pelaksanaan PON Papua 2021 dengan atau tanpa penonton, ataukah dibatasi, masih dievaluasi dan dikoordinasikan. Hal ini merupakan pekerjaan panitia. Selain itu juga, keikutsertaan ofisial, atlet hingga panitia harus sudah divaksinasi.”

Zainudin mengharapkan setiap anggota DPD juga memastikan kesiapan partisipasi kontingen daerah masing-masing, terutama memastikan anggaran masuk pada tahun anggaran 2021, serta promosi dan sosialisasi PON Papua.

DPD akan mendukung langkah-langkah Kemenpora untuk PON XX

La Nyalla sendiri menyampaikan DPD sebagai representasi daerah akan mendukung langkah-langkah positif Kemenpora dalam menyukseskan PON XX Papua demi kemajuan olahraga Indonesia. “Pelaksanaan PON Papua 2021 kali ini harus tetap mengedepankan unsur prestasi, sekaligus protokol kesehatan sehingga menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan bermental juara,” kata La Nyalla.

Senada dengan dia, Ketua Umum KONI Marciano Norman optimistis PON Papua bergulir tahun ini. “Terkait masalah anggaran dan vaksin para atlet, para senator diharapkan benar-benar harus dipastikan ke pihak daerah. Hal ini terkait kesuksesan pelaksanaan gelaran PON Papua 2021,” kata Marciano.

PON XX 2021 dijadwalkan berlangsung mulai 2 Oktober sampai 15 Oktober dengan Stadion Lukas Enembe menjadi lokasi utama penyelenggaraan, dari upacara pembukaan sampai penutupan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments