Sabtu 27 November, 2021
Beranda Pembangunan Wapres Pastikan Pembangunan Papua dan Papua Barat Dipercepat

Wapres Pastikan Pembangunan Papua dan Papua Barat Dipercepat

Suaranewspapua.com – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin memastikan percepatan pembangunan di Papua dan Papua Barat dapat berjalan dengan baik, termasuk penanganan persoalan politik, hukum, dan keamanan di kedua provinsi tersebut.

Hal itu disampaikan Wapres Ma’ruf saat memimpin rapat terbatas tentang isu-isu politik, hukum, dan keamanan terkait dengan percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat di Istana Wakil Presiden Jakarta, Kamis.

“Saya minta melalui pertemuan ini, kita dapat memastikan bahwa bidang polhukam di Papua dan Papua Barat dapat tertangani dengan baik dan selaras dengan upaya percepatan pembangunan kesejahteraan, sesuai dengan amanat dalam Inpres Nomor 9 Tahun 2020,” kata Wapres.

Wapres selaku Ketua Dewan Pengarah Tim Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat menyebutkan beberapa isu krusial yang selama ini masih menjadi tantangan dalam pembangunan kedua provinsi tersebut akan ditangani secara paralel dan sinergis.

“Isu-isu polhukam yang dapat kita catat di sini adalah termasuk isu otonomi khusus (otsus), pemekaran wilayah atau daerah otonomi baru (DOB), pertahanan dan keamanan, hak asasi manusia (HAM), separatisme, dan pengelolaan komunikasi publik, serta diplomasi internasional,” katanya menjelaskan.

Dalam rapat tersebut, Wapres juga menekankan pentingnya menempatkan Inpres Nomor 9 Tahun 2020 sebagai dasar dalam menyusun desain baru untuk pembangunan Papua dan Papua Barat.

Rapat berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan ketat itu dihadiri Menteri Koordinator Bidang Polhukam Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sofyan Djalil, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa.

Turut hadir pula Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments