Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Agama Pererat Kerukunan, Kemenag Gelar Pertemuan Tokoh Papua dan Aceh di Serambi Mekkah

Pererat Kerukunan, Kemenag Gelar Pertemuan Tokoh Papua dan Aceh di Serambi Mekkah

suaranewspapua.com. jakarta. Kementerian Agama terus berupaya mempererat kerukunan anak bangsa dari Sabang hingga Merauke. Salah satunya, membangun jembatan kesetiakawanan Aceh – Papua.

Sehubungan itu, Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama akan menggelar pertemuan tokoh Papua dan Aceh di Serambi Mekkah. Pertemuan di Aceh ini akan melibatkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), tokoh agama dan tokoh adat Provinsi Aceh, Papua, Papua Barat, dan Maluku.

Menag Fachrul Razi dan Wamenag Zainut Tauhid Sa’adi dijadwalkan akan hadir dalam pertemuan yang berlangsung 12-14 Desember 2020.

Sebagai persiapan, PKUB menggelar rapat dengan pejabat eselon I dan II terkait, di Jakarta, Jumat, 4 Desember 2020, Pertemuan dipimpin Kepala PKUB, Nifasri. Hadir, Staf Khusus Menteri Agama, Jul Efendi Syarief, Sekretaris Dirjen Katolik Aloma Sarumaha, Kabag Umum Dirjen Pendis, Kakanwil Kemenag Aceh serta Kasubag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag Aceh.

“Kita memiliki beragam suku bangsa, adat istiadat, bahasa dan agama. Ini adalah kekayaan dan khasanah bangsa yang mesti dilestarikan dengan baik dan menjadi tugas kita bersama untuk komitmen merawatnya,” kata Nifasri, dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Kementerian Agama.

“Kementerian Agama punya tugas membawa kesejukan dan kedamaian hingga pelosok negeri,” lanjutnya.

Nifasri berharap, pertemuan di Serambi Mekkah yang mengusung tema “Kita Cinta Aceh” dapat berjalan dengan baik dan penuh makna.

Stafsus Jul Efendi Syarif mengajak para pihak yang terlibat dalam program “Kita Cinta Aceh” yang terdiri dari berbagai pejabat dan tokoh lintas agama untuk mempersiapkan dengan maksimal, sehingga capaian outputnya terlaksana dan dapat dirasakan manfaatnya di tengah keberagaman umat.

“Jadikan momen pertemuan kita, mempererat silaturrahmi dan mengokohkan persaudaraan lintas agama,” kata Jul Efendi Syarief.

Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal berterimakasih kepada PKUB pusat yang akan melaksanakan kegiatan di Aceh pada pertengahan Desember 2020.

“Kami merasa bersyukur, Aceh menjadi titik pacu mewujudkan kerukunan di Indonesia. Sebelumnya kita telah sama-sama hadir di Papua. Untuk pengaturan dan pemberdayaan umat beragama, seluruh komponen masyarakat Indonesia harus bersama-sama saling memelihara serta menjaga kerukunan, tidak terkecuali Aceh,” ucap Iqbal.

Iqbal menyatakan, moderasi beragama yang dijadikan sebagai program nasional, bersumbu pada kerukunan. Oleh karena itu, semoga dimulai dari nol kilometer Indonesia, menjadikan Indonesia nol konflik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments