Rabu 8 Desember, 2021
Beranda Pembangunan Penerimaan Calon Bintara Polri di Papua Barat Dibuka, 70 Persen Kuota untuk...

Penerimaan Calon Bintara Polri di Papua Barat Dibuka, 70 Persen Kuota untuk Putra-Putri Asli

suaranewspapua.com. manokwari. Polri segera membuka penerimaan calon siswa Bintara tahun 2021 di Provinsi Papua Barat. Sebanyak 70 persen kuota penerimaan ini akan diberikan kepada putra-putri asli atau orang asli Papua (OAP). Kepala Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Papua Barat Kombes Polisi Anggie Yulianto Putro mengatakan, penetapan kuota 70 persen untuk OAP itu sesuai dengan kebijakan Kapolda Papua Barat Irjen Pol Tornagogo Sihombing.

“Kebijakan pak Kapolda seperti itu, 70 persen akan diberikan kepada OAP dan 30 persen sisanya untuk non-OAP,” kata Anggie Yulianto Putro di Manokwari, Selasa (1/12/2020). Yulianto menjelaskan, prioritas pada penerimaan Bintara Polri diberikan kepada putra-putri asli sebagai salah satu upaya pemberdayaan. Selain itu, program ini untuk menjawab persoalan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

“Mereka lebih tahu persoalan di wilayah. Mereka diharapkan lebih mudah menyesuaikan diri dan ketika ada masalah mereka lebih siap,” ucap Anggie. Dia mengatakan, pada penerimaan Bintara Polri tahun 2020, dari 70 persen kuota yang ditargetkan untuk OAP, 60 persen lebih berhasil lulus. Saat ini mereka sedang menjalani pendidikan.

Untuk penerimaan Bintara tahun 2021, Polda Papua akan bekerja sama dengan seluruh pemerintah daerah. Selama seleksi, peserta pun akan dibina untuk meningkatkan persentase kelulusan. “Pendaftarannya nanti dilaksanakan melalui panitia yang akan kami persiapkan di setiap Polres. Adik-adik bisa datang mendaftar di Polres. Jika lulus verifikasi akan lanjut mengikuti seleksi di Polda Papua Barat,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Peduli Anak Anak Papua Melalui Program SI IPAR

Papua- Binmas Noken memiliki program pemolisian tradisional, yaitu mengunjungi komunitas masyarakat dan membangun kedekatan dengan tokoh tokoh masyarakat juga dengan kelompok lainnya.

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

Recent Comments