Selasa 16 April, 2024
Beranda Olahraga Lomba Dayung Tradisional Meriahkan HUT RI Ke 75 Di Kota Jayapura

Lomba Dayung Tradisional Meriahkan HUT RI Ke 75 Di Kota Jayapura

Sauaranewspapua.com- JAYAPURA – Dewan Pimpinan Daerah Komite Seni Budaya Nusantara (DPD KSBN) Provinsi Papua menggelar Lomba Dayung Terdisional, di Pantai Dok II Jayapura, Selasa, 25 Agustus 2020 pagi.

Lomba ini dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal yang juga selaku Ketua umum DPD KSBN. Sekretaris KSBN Papua, Richard Waromi dalam keteranganya, mengatakan kegiatan Lomba Dayung Tradisional ini sebagai wujud partisipasi dalam meriahkan ke-75 tahun HUT RI.

“Lomba dayung tradisional yang digelar ini sekaligus untuk memeriahkan HUT RI ke-75 tahun serta melestarikan kearifan lokal Papua yang diwariskan oleh nenek moyang kita sebagai sebuah tradisi yang kita miliki,” katanya.

Richard mengatakan, ada dua nomor lomba dayung tradisional yang dilombakan, yakni  ganda Mix 5 (lima) orang, dan ganda Mix 2 (dua) orang, dengan usia peserta lomba 18-36 tahun.

“Lomba dayung tradisional ini peminatnya paling banyak, pesertanya dari kelompok nelayan, para pemuda yang berada di wilayah Kota Jayapura,’’ ujarnya.

Ia mengatakan bahwa kegiatan lomba dayung tradisional ini merupakan salah satu program KSBN Papua yang dapat mengangkat nilai-nilai budaya, dan bagaimana masyarakat dapat melastarikan kebudayaannya sendiri yang merupakan sarana tradisional ciri khas orang Papua.

Lanjutnya, meskipun saat ini sudah banyak transpotasi moderen, tapi tidak serta merta harus melupakan apa yang menjadi kearifan lokal orang Papua.

“Apa yang pernah nenek moyang kita lakukan, ketika itu apa yang mereka gunakan dalam transpotasi laut, sehingga dengan lomba ini generasi mudah kembali kita kenangkan tentang sejarah budaya masa lampau,”ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Strategic Security Carried Out in Tembagapura After the Death of Abu Bakar Kogoya

Mimika- After the killing of Abu Bakar Kogoya who was shot by joint TNI-Polri officers from the Cartenz Peace Operations Task Force...

Pengamanan Strategis Dilakukan di Tembagapura Pasca Tewasnya Abu Bakar Kogoya

Mimika- Pasca tewasnya Abu Bakar Kogoya ditembak aparat gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz pada 4 April 2024, aparat gabungan TNI-Polri...

The Acting Governor of Central Papua asks that the Nabire incident not be repeated

Jayapura- The Central Papua Provincial Government (Pemprov) asks that the Nabire incident not be repeated, therefore people who want to express their...

Pj Gubernur Papua Tengah minta insiden Nabire jangan terulang

Jayapura- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah meminta insiden Nabire jangan terulang, karena itu masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau demo agar melaksanakan...

Recent Comments