Kamis 28 Maret, 2024
Beranda Pemilu Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi persiapan pilkada serentak di Jayapura pada Jumat (10/7/2020). Rapat itu diikuti sejumlah kepala daerah, KPUD, Bawaslu, TNI, dan Polri.

Dalam rapat itu, Tito meminta 11 kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak merealisasikan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD).

“Saya minta semua untuk betul-betul segera dipenuhi secepat mungkin. Saya melihat bahwa hampir semua bisa memenuhi, Asmat bisa, Pegunungan Bintang, Waropen, Nabire dan Memaberamo Raya,” kata Tito dalam rapat itu.

Tito menyebut, dari catatan Kemendagri, hingga saat ini NPHD yang sudah dicairkan dari 11 kabupaten di Papua sebesar Rp 214,033 miliar dari total persetujuan Rp 482,961 miliar.

Tito juga mengingatkan Pilkada Serentak 2020 diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, penyelenggara harus menerapkan protokol kesehatan.

“Nah jangan kembali ke kehidupan baru tanpa sosialisasi, tanpa protokol,” kata dia.

Tito mengingatkan para penyelenggara pemilu harus menggunakan alat pelindung diri (APD) dan memastikan para pemilih menggunakan masker.

Selain itu di tempat pemungutan suara (TPS) pun harus tersedia sejumlah fasilitas penunjang untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

“Wajib menyiapkan untuk mencuci tangan pada saat pemilihan nanti dengan menggunakan sabun. Ada tempat cuci tangan dengan sabun, yang lain menggunakan hand sanitizer. Wajib mengantongi hand sanitizer, pakai masker, penggunaan cuci tangan dengan sabun, alkohol, klorin,” kata Tito.

Sebelumnya diberitakan, terdapat 11 kabupaten di Papua yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember. Di antaranya, Supiori, Waropen, Merauke, Nabire, Boven Digoel, Asmat, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Yalimo, dan Keerom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments