Sabtu 27 November, 2021
Beranda Pemilu Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi persiapan pilkada serentak di Jayapura pada Jumat (10/7/2020). Rapat itu diikuti sejumlah kepala daerah, KPUD, Bawaslu, TNI, dan Polri.

Dalam rapat itu, Tito meminta 11 kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak merealisasikan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD).

“Saya minta semua untuk betul-betul segera dipenuhi secepat mungkin. Saya melihat bahwa hampir semua bisa memenuhi, Asmat bisa, Pegunungan Bintang, Waropen, Nabire dan Memaberamo Raya,” kata Tito dalam rapat itu.

Tito menyebut, dari catatan Kemendagri, hingga saat ini NPHD yang sudah dicairkan dari 11 kabupaten di Papua sebesar Rp 214,033 miliar dari total persetujuan Rp 482,961 miliar.

Tito juga mengingatkan Pilkada Serentak 2020 diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, penyelenggara harus menerapkan protokol kesehatan.

“Nah jangan kembali ke kehidupan baru tanpa sosialisasi, tanpa protokol,” kata dia.

Tito mengingatkan para penyelenggara pemilu harus menggunakan alat pelindung diri (APD) dan memastikan para pemilih menggunakan masker.

Selain itu di tempat pemungutan suara (TPS) pun harus tersedia sejumlah fasilitas penunjang untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

“Wajib menyiapkan untuk mencuci tangan pada saat pemilihan nanti dengan menggunakan sabun. Ada tempat cuci tangan dengan sabun, yang lain menggunakan hand sanitizer. Wajib mengantongi hand sanitizer, pakai masker, penggunaan cuci tangan dengan sabun, alkohol, klorin,” kata Tito.

Sebelumnya diberitakan, terdapat 11 kabupaten di Papua yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember. Di antaranya, Supiori, Waropen, Merauke, Nabire, Boven Digoel, Asmat, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Yalimo, dan Keerom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments