Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Pemilu Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Pilkada 2020, Mendagri: 11 Pemkab di Papua Segera Cairkan NPHD

Suaranewspapua.com- JAYAPURA- Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian memimpin rapat koordinasi persiapan pilkada serentak di Jayapura pada Jumat (10/7/2020). Rapat itu diikuti sejumlah kepala daerah, KPUD, Bawaslu, TNI, dan Polri.

Dalam rapat itu, Tito meminta 11 kabupaten yang menyelenggarakan pilkada serentak merealisasikan naskah perjanjian hibah daerah ( NPHD).

“Saya minta semua untuk betul-betul segera dipenuhi secepat mungkin. Saya melihat bahwa hampir semua bisa memenuhi, Asmat bisa, Pegunungan Bintang, Waropen, Nabire dan Memaberamo Raya,” kata Tito dalam rapat itu.

Tito menyebut, dari catatan Kemendagri, hingga saat ini NPHD yang sudah dicairkan dari 11 kabupaten di Papua sebesar Rp 214,033 miliar dari total persetujuan Rp 482,961 miliar.

Tito juga mengingatkan Pilkada Serentak 2020 diselenggarakan di tengah pandemi Covid-19. Sehingga, penyelenggara harus menerapkan protokol kesehatan.

“Nah jangan kembali ke kehidupan baru tanpa sosialisasi, tanpa protokol,” kata dia.

Tito mengingatkan para penyelenggara pemilu harus menggunakan alat pelindung diri (APD) dan memastikan para pemilih menggunakan masker.

Selain itu di tempat pemungutan suara (TPS) pun harus tersedia sejumlah fasilitas penunjang untuk mencegah penyebaran virus corona baru.

“Wajib menyiapkan untuk mencuci tangan pada saat pemilihan nanti dengan menggunakan sabun. Ada tempat cuci tangan dengan sabun, yang lain menggunakan hand sanitizer. Wajib mengantongi hand sanitizer, pakai masker, penggunaan cuci tangan dengan sabun, alkohol, klorin,” kata Tito.

Sebelumnya diberitakan, terdapat 11 kabupaten di Papua yang akan menggelar Pilkada Serentak 2020 pada 9 Desember. Di antaranya, Supiori, Waropen, Merauke, Nabire, Boven Digoel, Asmat, Yahukimo, Pegunungan Bintang, Mamberamo Raya, Yalimo, dan Keerom.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments