Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Pendidikan Mengisi Program Si-Ipar di Yahukimo, Polwan Ini Ajari Anak-Anak Baca Tulis

Mengisi Program Si-Ipar di Yahukimo, Polwan Ini Ajari Anak-Anak Baca Tulis

Yahukimo –Satgas Binmas Noken Ops Damai Cartenz-2022 berbagi keceriaan dengan anak-anak Yahukimo di GPDI Agape lewat Program Si-Ipar (Polisi Pi Ajar), Rabu (14/9/2022)

Kecerian ditampakkan saat anggota Binmas Noken tiba, anak-anak langsung berdiri dengan senyum dan memberikan salam.

Ada yang beda pada pelaksanaan Program Si-Ipar di GPDI kali ini, dimana biasanya yang mengajar anak-anak adalah Polisi laki-laki, kali ini dua orang Polwan Binmas Noken pun ikut mengajar.

Secara telaten anak-anak terus diajari membaca dan berhitung. Keceriaan anak-anak bertambah saat mereka diajak bernyanyi serta bermain permainan Tikus dan Kucing.

Materi wawasan kebangsaan, seperti pengenalan ragam budaya, suku etnik berbagai Pulau Indonesia pun turut disampaikan.
“Jadi kita adalah satu, satu Indonesia, kita Bhinneka Tunggal Ika, berbeda-beda tapi satu,” ucap Briptu Agustina, salah satu Polwan Binmas Noken, kepada anak-anak.

Lalu saat mereka diminta menyebut butir-butir Pancasila, anak-anak terlihat lancar menyebutnya. Untuk menambah semangat belajar, anak-anak diberikan Tas dan Alat Tulis.

Kegiatan Program Si-IPAR ini juga dihadiri langsung oleh Kasatgas Binmas Kombes Pol Nanang Purnomo dan salah satu anak bernama Ester, mendapatkan tantangan untuk mengeja kata “POLISI” dari Kasatgas Binmas, hal itu dijawab mudah olehnya.

Dijelaskannya, salah satu kegiatan Binmas Noken yaitu “Si IPAR” (Polisi Pi Ajar), untuk memberikan pendidikan, mengedukasi kepada anak-anak yang sudah waktunya sekolah tetapi belum mendapatkan pendidikan seperti Paud, TK ataupun SD.
“Program Si-Ipar mengalami perkembangan, anak-anak, yang dari belum dapat membaca, sekarang sudah lancar,” Ungkap Kasatgas Binmas.

Program Binmas Noken ini mendapatkan sambutan hangat dan apresiasi dari Pdt.Philipus Soma, selaku Pimpinan GPDI Agape.
“Terima kasih atas kunjungan dari Bapak Kasatgas Binmas yang rela meluangkan waktunya datang dari Jayapura ke Yahukimo guna melihat perkembangan anak-anak yang tengah diberikan pelajaran dasar oleh binmas noken Yahukimo, “ ucapnya.

“Kami juga berterima kasih kepada Binmas Noken karena sering memberikan bantuan untuk menunjang proses belajar mengajar disini seperti tas, alat tulis, sehingga anak-anak terus semangat belajar,” ungkapnya.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2022 Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal, mengatakan hadirnnya Program Si-IPar juga guna membantu misi Pemda dalam mewujudkan Yahukimo Cerdas.
“Kami berharap Sinergitas Polri dan pemerintah daerah terus ditingkatkan sehingga anak-anak dapat mendapatkan pendidikan layak,” Pungkas Kasatgas Humas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments