Kamis 19 Mei, 2022
Beranda Uncategorized Program PEKA Pererat Silaturahmi Binmas Noken Dengan Tokoh Pemuda Distrik Karubaga

Program PEKA Pererat Silaturahmi Binmas Noken Dengan Tokoh Pemuda Distrik Karubaga

Papua- Pemolisian secara tradisional banyak tidak terekspose oleh media nasional. Salah satu bentuk traditional policing adalah dengan berbicara atau duduk bersama dengan para tokoh adat, agama, komunitas di suatu wilayah tertentu. Hal ini terus digaungkan oleh kepolisian wilayah Papua. Melalui Binmas Noken, aktifitas sambang tokoh adat dibentuk dalam program khusus bernama PEKA (Peduli Kamtibmas).

Binmas Noken Tolikara dengan dipimpin oleh Ipda Ibar Salurapa S.H bersama Brigadir Petrus Hamokwarong dan Briptu Yordan p. Bonay pada Minggu tanggal 12 Desember 2021 pukuo 13.00 WIB datang berkunjung ke kediaman Bpk Wempi wenda  selaku Tokoh Masyarakat ( Aparat Desa ) dan Warga Desa Kimibur.

Mengucapkan banyak terima kasih kepada Warga masyarakat yang sudah berkenan menerima kami untuk bersilaturahmi dan berdiskusi tentang Kamtibmas di Desa Kimibur Distrik Karubaga.

Melalui kunjungan tersebut Binmas Noken dalam hal ini Ipda Ibar mengajak para Tokoh dan warga masyarakat untuk bersama sama menjaga keamanan lingkungan agar sitkamtibmas  tetap aman dan kondusif, hal ini bertujuan agar  masyarakat dalam melakukan kegiatan atau aktifitas rutin merasa aman dan berjalan lancar.

Tim Binmas Noken juga berharap warga masyarakat dapat bekerjasama dan berperan aktif untuk bersama sama membantu Polri dalam menjaga keamanan dilingkungan masing – masing, hal ini tentunya akan berdampak pada sitkamtibmas di Distrik Karubaga maupun wilayah Kabupaten Tolikara secara umum sehingga aman dan kondusif. Selanjutnya berdampak juga pada  kegiatan sosial kemasyarakatan dan pelayanan pemerintahan berlangsung dengan tertib tidak ada gangguan , tekanan, ancaman maupun intervensi dari pihak lain.

“Kami berharap kiranya para warga masyarakat dapat memanfaatkan waktu dan kesempatan yang ada untuk mengisi kegiatan dengan hal hal yang Positif, misalnya dengan bekerja mencari penghasilan, berkebun maupun dengan kegiatan lain yang bermanfaat.” Ujar Ipda Ibar pada siang itu.

Tim Binmas juga meminta agar para Tokoh dan Warga Masyarakat  secara Swadaya mengadakan Siskamling dengan giat Ronda bersama secara bergiliran sehingga  dilingkungan tempat tinggal masing masing menjadi aman.

“Di Bulan Desember ini kami Satgas Binmas berharap kepada Para Tokoh masyarakat dan warga harus bijak dalam menyikapi perkembangan situasi, jangan mudah dihasut maupun terprovokasi oleh oknum maupun pihak yang ingin memecah belah kesatuan Bangsa dengan menyebarkan berita bohong atau Hoax, maupun ajakan berbuat yang bertentangan dengan kebijakan Pemerintah.” Pungkas Ipda Ibar.

Kegiatan PEKA tersebut berahir pukul 14.30 WIT. Kegiatan ini sedikit banyak
Mempererat kerjasama antara Satgas Binmas dengan  Tokoh masyarakat dalam menjalankan Program Binmas Noken, kaitannya dengan Keamanan dan ketertiban masyarakat. Sekaligus memunculkan rasa peduli dan empati Aparat dengan para Tokoh masyarakat yang hadir dan menyambangi langsung warga yang sedang beraktifitas sangat dirasakan oleh masyarakat dan semakin menguatkan ikatan kemitraan.

Kehadiran Satgas Binmas dengan menyambangi dan melibatkan Para Tokoh Masyarakat dalam menyikapi persoalan, juga mempunyai dampak positif karena peranan dan ketokohan dalam strata sosial sangat berpengaruh dan mendapat pengakuan dan menjadi panutan dari Warga masyarakat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

LMA Kab. Sarmi : Bersama Kita Jaga Ikatan Persaudara Antar Suku dan Ras Serta Agama

Sarmi - Bertempat di Kantor Sekertariat Biro Bantuan Hukum Lembaga Adat Papua Kab. Sarmi, Jln Kampung Tafarewar, Distrik Sarmi, Kab. Sarmi, Telah...

Jelang Akhir Masa Jabatan Bupati Sarmi, Tokoh Masyarakat Himbau Wujudkan Kota Ombak Aman dan Damai

Sarmi - Solidaritas Pemuda Adat Sarmi Bpk Simon P. Saumen, SP (Mantan Kepala Distrik Sarmi Selatan menggelar Deklarasi Pernyataan Sikap mendukung situasi...

Peduli Kesejahteraan, Binmas Noken Intan Jaya Cek Perkembangan Kebun Milik Warga Binaan

Sugapa - Personel Binmas Noken Ops Damai Cartenz menyambangi kebun milik Tokoh Pemuda Noben Sondegau yang bertempat di Kampung Yokatapa, Distrik Sugapa,...

Aksi Kemanusiaan Tak Henti – Hentinya Dilakukan Tim Medis Binmas Noken Polri

Sugapa - Aksi kemanusiaan yang dilakukan Tim Medis Binmas Noken Polri tak ada hentinya, kali ini 2 orang masyarakat Intan Jaya yang...

Recent Comments