Jumat 29 Maret, 2024
Beranda Uncategorized Binmas Noken Tolikara Bersinergi dengan Mace-Mace Petani Desa Ampera Tolikara Untuk Tingkatkan...

Binmas Noken Tolikara Bersinergi dengan Mace-Mace Petani Desa Ampera Tolikara Untuk Tingkatkan Hasil Pertanian

Papua- Roda pangan di wilayah Papua sebagian besar didominasi oleh perkebunan lokal yang diolah oleh penduduk setempat. Seperti wilayah Desa Ampera, Distrik Karubaga kabupaten Tolikara, Komunitas petani wilayah tersebut diwarnai oleh kelompok perempuan / ibu-ibu yang dalam bahasa Papua disebuta Mace.

Kelompok tani tersebut menjadi perhatian Binmas Noken wilayah Tolikara. Di bawah pimpinan Iptu Widada, ken enam anggota beliau, Brigpol Petrus Hamokwarong dan Briptu Yordan P. Bonay, Bripka Esau Wenda, Bripka Rambo D. Womsiwor, Briptu Pilipus Samtai, Bripda Derek Letlora melaksanakan program KASUARI (Kesejahteraan bagi Anak Negeri) pada Senin, 18 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIT, di Desa Ampera, Distrik Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Kedatangan tim Binmas Noken di kediaman Ibu Dina Kogoya Wenda mendapat sambutan baik oleh Ibu Dina Kogoya dan keluarga. Ibu Dina Kogoya beserta koleganya merupakan pengelola perkebunan wilayah Desa Ampera Distrik karubaga.

Pada kunjungan tersebut Iptu Widada menyampaikan maksyd dan tujuan program KASUARI atau Polisi Sahabat Tani, ” untuk itu kami mengajak ibu Dina Kogoya dan Warga masyarakat untuk mengoptimalkan dalam memanfaatkan lahan  kebun untuk Budidaya tanaman Hortikultura.” Ungkap Iptu Widada

Selain Kebun atau Ladang sebagai lahan bercocok tanam , kaum ibu juga diharapkan bisa memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam sayur sayuran dan tomat maupun jenis labu- labuan juga tanaman lainnya.

Ibu Dina Kogoya menanggapi silaturahmi tersebut, “Kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kepedulian Tim Satgas Binmas  serta akan mendukung Program Kasuari di Desa Ampera ini. Adapun dalam usaha budidaya pertanian ini kami bersama kelompok Tani dan kaum ibu lainnya sudah mengolah kebun dan pekarangan disekitar rumah namun mengalami keterbatasan masalah bibit.”

Masukan tersebut ditampung oleh tim Binmas Noken. Selanjutnya Pukul 10.15 WIT Tim Satgas Binmas bersama Ibu Dina Kogoya menuju areal kebun  miliknya, selanjutnya membantu menyemai benih dan menanam bibit pada bedeng yang sudah dipersiapkan serta memantau pertumbuhan komoditas tanaman  sayuran buncis.

Silaturahmi tersebut kemudian ditutuo dengan  penyerahan sarana kontak berupa bibit Sayuran dan Paket Sembako.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

KKB Papua Hits Security Forces on Patrol, Whisper of Bullets Gives Goosebumps

Papua – The Papuan KKB's actions turned out to be very terrible. Without caring about humanity, they...

KKB Papua Hantam Aparat Keamanan yang Sedang Patroli, Desingan Peluru Bikin Merinding

Papua – Tindakan KKB Papua teryata sangat mengerikan. Tanpa mempedulikan rasa kemanusiaan, mereka memberondong prajurit TNI Polri...

TNI-Polri on duty in Papua have the aim of maintaining peace on the Earth of Cenderawasih

Papua- Many people want peace and tranquility because the price is very expensive but it is being...

TNI-Polri Yang Bertugas Di Papua Mempunyai Tujuan Dalam Menjaga Kedamaian Di Bumi Cenderawasih

apua- Banyak orang menginginkan perdamaian dan kedamaian karena harganya sangat mahal tapi dirusak oleh segelintir orang-orang yang...

Recent Comments