Selasa 7 Desember, 2021
Beranda Pendidikan Mendikbud: Prioritaskan Pemerataan Pendidikan di Indonesia Timur dan Daerah 3T

Mendikbud: Prioritaskan Pemerataan Pendidikan di Indonesia Timur dan Daerah 3T

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengakui kemajuan pendidikan di Indonesia masih tidak merata. Masih banyak kesenjangan yang terjadi, khususnya wilayah Indonesia Timur dan daerah terluar, terdepan dan tertinggal (3T) lainnya.

“Saya sudah ke Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua, Kalimantan, Sulawesi, Saya sudah melihat pola-pola pendidikan di sana dan kesenjangan itu memang menjadi sesuatu prioritas untuk perubahan,” kata Nadiem di Grand Studio Metro TV Jakarta, Jumat, 23 April 2021.

Dia mengatakan Kemendikbud memiliki beberapa strategi dalam program Merdeka Belajar guna mengatasi kesenjang di dunia pendidikan. Salah satunya, melakukan kerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya.

Hal itu, kata Nadiem, sudah dilakukan Kemendikbud di masa pandemi ini. Pihaknya berkolaborasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informati untuk membangun akses internet di wilayah 3T.

Strategi berikutnya melalui relaksasi dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) di 2021. Dana BOS tidak disalurkan secara seragam untuk semua sekolah, melainkan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah dan akses di wilayahnya.

“Tahun ini dana BOS kita koreksi. Belum tentu keseragaman itu keadilan. Sekarang sekolah di Papua dan Maluku ada yang naik 40 persen dan 100 persen,” tuturnya.

Strategi ketiga untuk mengurangi kesenjangan adalah peningkatan anggaran KIP Kuliah yang mencapai Rp2,5 triliun. Dan BOS per semester yang diterima mahasiswa bisa mencapai Rp12 juta.

“Anak kurang mampu dari daerah manapun, asal mereka punya prestasi mereka bisa percaya diri masuk prodi apapun yang mahal,” tuturnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments