Senin 6 Desember, 2021
Beranda Ekonomi Bisnis Kemenhub Hadirkan Tol Laut di Kabupaten Nduga Papua

Kemenhub Hadirkan Tol Laut di Kabupaten Nduga Papua

Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan membuka pintu distribusi logistik Tol Laut ke Kabupaten Nduga, Papua.

Adapun, proses penyaluran logistik akan dilakukan dengan cara sinergi multimoda. Bupati Nduga Wentius Nimiangge mengapresiasi kegiatan tersebut sebagai salah satu rangkaian program percepatan pembangunan di wilayah Nduga yang selama ini belum tersentuh.

“Kondisi masyarakat Nduga sangat memprihatinkan dan butuh bantuan segera,” katanya, Kamis (22/4).

Nduga belum tersentuh bantuan karena adanya permasalahan keamanan. Padahal, menurutnya, kondisi Nduga saat ini aman sehingga bantuan dan pembangunan sudah dapat dilakukan di wilayah tersebut.

Dalam pertemuan tersebut, disampaikan beberapa hal mendesak yang sangat dibutuhkan masyarakat selain logistik, sembako dan bahan pokok penting lainnya, seperti kebutuhan rumah untuk sekitar 5000 warga yang mengungsi, fasilitas kesehatan, rumah sakit serta jaringan listrik dan Internet yang memadai.

“Kami berharap keadaan warga Nduga dapat disuarakan agar diketahui banyak pihak,” ujar Wentius.

Anggota DPR RI Komisi I Yan Mandenas yang mengunjungi Nduga mengatakan telah mendengarkan masukan dari Bupati serta masyarakat dan tokoh adat setempat.

“Banyak hal disampaikan, beberapa hal yang perlu segera adalah membentuk Kodim, jaringan 4G, rumah sakit dan rumah untuk pengungsi sebanyak 5.000 rumah,” ujarnya.

Kasie Lala & Usaha Pelabuhan, KSOP Kelas II Jayapura, Kemenhub Willem Thobias Fofid menegaskan pihaknya juga siap hadir di tanah Nduga melalui program Tol Laut. Dimana kebutuhan dan logistik lain yang dibutuhkan warga Nduga bisa terpenuhi oleh kiriman melalui Tol Laut.

“Kami juga melalui KSOP Jayapura telah melakukan koordinasi dan sinergi bersama pemda, dinas-dinas terkait serta Kepolisian Daerah Papua untuk optimalisasi program Tol Laut,” ujarnya.

Dari karakteristik kewilayahan pegunungan tengah, yang menjadi salah satu fokus penyelenggaraan Tol Laut adalah pelayanan distribusi logistik yang terjadwal dan teratur di Kabupaten Nduga. Selain itu, Willem mengungkapkan warga Nduga juga mengaku sangat membutuhkan layanan distribusi logistik dan transportasi pelabuhan dan bandara serta konektivitas multimoda.

Termasuk akses jalan darat yang dapat menghubungkan jalur lintasan Mumugu Satu – Kenyam, kemudian Kenyam – Mbua kemudian Kenyam – Iniye serta Kenyam – Gearek termasuk dari akses yang menghubungkan Nduga – Yahukimo. Penyelenggaraan Tol Laut di Tanah Papua merupakan perwujudan salah satu Visi Poros Maritim Indonesia. Tol Laut di wilayah tersebut adalah Trayek T-19 dengan armada KM. Logistik Nusantara 2.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments