Sabtu 27 November, 2021
Beranda Keamanan dan Ketertiban TNI-Polri Pastikan Beoga Kembali Kondusif Usai Penyerangan KKB

TNI-Polri Pastikan Beoga Kembali Kondusif Usai Penyerangan KKB

Papua – Warga Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua, kini sudah kembali melakukan aktivitas normal. Hal itu terjadi pasca terjadinya serangkaian aksi kekerasan yang dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Beoga beberapa waktu lalu.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy mengatakan kini Beoga sudah kembali aman. Hal itu ia sampaikan usai berkunjung untuk meninjau langsung situasi di Beoga.

“Situasi terakhir di Beoga saat ini warga sudah mulai beraktivitas seperti sebelumnya. Kemarin kami melihat Mama-mama sudah banyak yang pergi berjualan di pasar. Masyarakat yang lain juga kembali melakukan aktivitas mereka seperti sedia kala,” kata Kombes Iqbal, Senin (19/4).

Tim Humas Satgas Nemangkawi secara khusus berkunjung ke Beoga untuk mengbadikan aktivitas warga setempat serta mewawancarai para tokoh masyarakat, tokoh pemuda, guru, tenaga medis yang bertugas di daerah itu. Tim Humas Nemangkawi datang bersama aparat gabungan TNI-Polri.

Kombes Iqbal menyebut, saat ini aktivitas penerbangan ke Beoga dari Timika sudah kembali dimulai. Sebelumnya nyaris tidak ada maskapai penerbangan perintis yang berani terbang ke wilayah Beoga karena kondisi keamanan di sekitar bandara setempat belum terjamin setelah KKB melakukan serangkaian aksi kekerasan di wilayah pegunungan itu.

“Kemarin sudah ada tiga kali penerbangan ke Beoga,” ujarnya.

Kombes Iqbal meluruskan pemberitaan yang menyebutkan puluhan warga non Papua yang selama ini bermukim di Beoga mengungsi ke luar dari wilayah itu karena takut dan khawatir terhadap keamanan diri mereka.

“Kalau bagi saya, mereka hanya mengamankan diri ke tempat keluarganya yang ada di Timika. Tidak semua mereka keluar dari Beoga, masih ada yang tetap tinggal di sana. Kami mewawancarai para guru dan tenaga perawat yang ada di Beoga,” jelasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments