Senin 6 Desember, 2021
Beranda kesehatan Menkes Pastikan Stok Vaksin di Papua Cukup Jelang PON

Menkes Pastikan Stok Vaksin di Papua Cukup Jelang PON

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memastikan stok vaksin di Papua jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) cukup. PON bakal digelar pada 2 hingga 15 Oktober 2021.

“Butuhnya sekitar 200 ribu (dosis) untuk Oktober, itu pasti bisa dipenuhi,” kata Budi dalam keterangannya, Sabtu, 17 April 2021.

Budi mengatakan Indonesia bakal menerima dosis vaksin tambahan mulai Juni 2021. Sehingga, stok vaksin di dalam negeri akan bertambah, termasuk untuk Papua.

Budi mengakui ada keterbatasan suplai vaksin di bulan ini. Sebab, India sebagai produsen vaksin AstraZeneca mengembargo vaksinnya untuk dipakai sendiri.

“Karena itu saat ini stok vaksin yang ada didorong bagi lanjut usia (lansia) sebagai kelompok berisiko tinggi,” kata dia.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memastikan PON XX tidak akan ditunda lagi. PON XX akan digelar pada 2-15 Oktober 2021.

“Arahan Pak Presiden (Joko Widodo) karena semua sudah siap maka kita akan lakukan pada 2021. Tidak ada penundaan karena sudah sempat kita tunda pada 2020,” kata Zainudin di Kantor Presiden, Jakarta Pusat, Senin, 15 Maret 2021.

Sementara itu, hasil pertemuan Panitia Besar PON XX Papua dengan pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mewajibkan semua peserta PON Papua 2021 sudah menjalani vaksinasi covid-19 sebelum menjejakkan kakinya di Bumi Cendrawasih.

Wakil Ketua KONI Pusat yang juga Ketua Panwasrah PON XX Papua, Suwarno, melalui laman pemerintah provinsi Papua mengatakan dengan demikian tidak hanya atlet saja yang divaksin tetapi para ofisial dari masing-masing provinsi maupun panitia pelaksana agenda PON XX di Papua wajib mendapat vaksin sebelum terlibat di dalamnya. “Bahkan masyarakat di sekitar lokasi pertandingan (venue) pun wajib mendapat vaksin sehingga pelaksanaan PON pada 2 hingga 15 Oktober 2021 mendatang, tidak menjadi klaster baru penularan covid-19,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Satgas Nemangkawi Bersama Polres Pegunungan Bintang Cek TKP Kebakaran di SMA N 1 Oksibil

Papua- Satgas Nemangkawi bersama Polres Pegunungan Bintang dan Satgas Pamrahwan menanggapi laporan adanya kebakaran di SMAN 1 Oksibil Jl. Yapimakot Kampung Esipding...

SATGAS NEMANGKAWI DAN POLRES NABIRE RINGKUS DPO PENJUAL AMUNISI DI KABUPATEN NABIRE

Jayapura – Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021 pukul 17.33 WIT bertempat di Jalan Poros Wadio-Wanggar Kabupaten Nabire, personil gabungan Satgas...

Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program...

KETUA API PROVINSI PAPUA AJAK MASYARAKAT JAGA KAMTIBMAS JELANG PERAYAAN NATAL 2021 DAN TAHUN BARU 2022

Jayapura - Pada hari Jumat tanggal 3 Desember 2021, Ketua Asosiasi Pendeta Indonesia (API) Provinsi Papua pendeta Jimmy Koirewoa, S.Th mengajak semua...

Recent Comments