Sabtu 27 November, 2021
Beranda Hukum&Kriminal Polri Siapkan 9 Ribu Personel Amankan PON XX Papua

Polri Siapkan 9 Ribu Personel Amankan PON XX Papua

Polda Papua mulai mempersiapkan pengamanan jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar Oktober 2021 mendatang. Setidaknya, 9 ribu personel kepolisian disiapkan untuk pengamanan nanti.

PON Papua dijadwalkan terselenggara pada 20 Oktober-2 November 2020 lalu. Namun, kegiatan ditunda selama satu tahun lantaran situasi pandemi virus corona (Covid-19).

“Khusus untuk pelaksanaan PON, kami akan melibatkan sekitar 8-9 ribuan personel pengamanan untuk pengamanan nanti,” kata Kepala Biro Operasi Polda Papua, Kombes Pol Jeremias Rontini, Senin (12/4).

Ia menuturkan ada empat wilayah tempat penyelenggaraan yang akan mendapat fokus pengamanan dari kepolisian.

Misalnya, kata dia, Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan menggelar sejumlah pertandingan cabang olahraga. Kemudian, Timika dan Kabupaten Merauke yang akan digelar pertandingan, serta memiliki gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang cukup tinggi.

“Khusus untuk kelompok bersenjata ini, ada satuan tugas tersendiri yang melakukan penanganan terhadap kelompok ini,” ucap dia.

Di wilayah Timika, kata dia, terdapat kegiatan operasional PT Freeport Indonesia yang juga akan berdampak pada penyelenggaraan PON 2020 nanti.

Sejauh ini, Rontini mengatakan Polda Papua telah menyiapkan backup personel pengamanan dari bawah kendali operasi (BKO) Korps Brigade Mobil (Brimob) dan polisi tugas umum dari personel Sabhara.

“Empat klaster (wilayah) itu menjadi prioritas pengamanan tentunya dengan kami melihat perkembangan situasi kamtibmas,” tandas dia.

Papua menjadi tuan rumah PON setelah mengalahkan Bali dan Nangroe Aceh Darussalam pada pemilihan di Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

KONI sempat membuka opsi pembatasan jumlah penonton di tengah pandemi Covid-19 pada PON Papua yang digelar 2-15 Oktober mendatang.

“Jika kondisi sudah membaik, PON tahun ini akan digelar sebagaimana PON sebelumnya. Namun, jika perkembangan Covid-19 belum membaik maka penyelenggaraan akan ikuti arahan Satgas Covid-19,” kata Marciano Norman dikutip dari situs KONI Pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments