Kamis 20 Juni, 2024
Beranda Hukum&Kriminal Polri Siapkan 9 Ribu Personel Amankan PON XX Papua

Polri Siapkan 9 Ribu Personel Amankan PON XX Papua

Polda Papua mulai mempersiapkan pengamanan jelang penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 yang digelar Oktober 2021 mendatang. Setidaknya, 9 ribu personel kepolisian disiapkan untuk pengamanan nanti.

PON Papua dijadwalkan terselenggara pada 20 Oktober-2 November 2020 lalu. Namun, kegiatan ditunda selama satu tahun lantaran situasi pandemi virus corona (Covid-19).

“Khusus untuk pelaksanaan PON, kami akan melibatkan sekitar 8-9 ribuan personel pengamanan untuk pengamanan nanti,” kata Kepala Biro Operasi Polda Papua, Kombes Pol Jeremias Rontini, Senin (12/4).

Ia menuturkan ada empat wilayah tempat penyelenggaraan yang akan mendapat fokus pengamanan dari kepolisian.

Misalnya, kata dia, Kota dan Kabupaten Jayapura yang akan menggelar sejumlah pertandingan cabang olahraga. Kemudian, Timika dan Kabupaten Merauke yang akan digelar pertandingan, serta memiliki gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang cukup tinggi.

“Khusus untuk kelompok bersenjata ini, ada satuan tugas tersendiri yang melakukan penanganan terhadap kelompok ini,” ucap dia.

Di wilayah Timika, kata dia, terdapat kegiatan operasional PT Freeport Indonesia yang juga akan berdampak pada penyelenggaraan PON 2020 nanti.

Sejauh ini, Rontini mengatakan Polda Papua telah menyiapkan backup personel pengamanan dari bawah kendali operasi (BKO) Korps Brigade Mobil (Brimob) dan polisi tugas umum dari personel Sabhara.

“Empat klaster (wilayah) itu menjadi prioritas pengamanan tentunya dengan kami melihat perkembangan situasi kamtibmas,” tandas dia.

Papua menjadi tuan rumah PON setelah mengalahkan Bali dan Nangroe Aceh Darussalam pada pemilihan di Rapat Anggota Tahunan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

KONI sempat membuka opsi pembatasan jumlah penonton di tengah pandemi Covid-19 pada PON Papua yang digelar 2-15 Oktober mendatang.

“Jika kondisi sudah membaik, PON tahun ini akan digelar sebagaimana PON sebelumnya. Namun, jika perkembangan Covid-19 belum membaik maka penyelenggaraan akan ikuti arahan Satgas Covid-19,” kata Marciano Norman dikutip dari situs KONI Pusat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Maintaining Security, Paniai Police Personnel Increase Routine Patrols

Paniai - In an effort to maintain public security and order in their jurisdiction, Paniai Police and Brimob Yon C Nabire BKO...

Jaga Keamanan, Personel Polres Paniai Tingkatkan Patroli Rutin

Paniai - Dalam upaya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukumnya, Personil Polres Paniai dan Brimob Yon C Nabire BKO Polres...

Facts About the Raid on the KKB Headquarters in Paniai That Resulted in KKB Member’s Death

Paniai - The Task Force (Satgas) for Operation Damai Cartenz 2024 announced that joint TNI-Polri forces successfully raided the headquarters of an...

Beberapa Fakta Penggerebekan Markas KKB Papua di Paniai yang Tewaskan Anggota KKB

Paniai - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz 2024 mengumumkan bahwa aparat gabungan TNI-Polri berhasil menggerebek markas kelompok kriminal bersenjata (KKB) di...

Recent Comments