Selasa 16 April, 2024
Beranda Keamanan dan Ketertiban KKB Pimpinan Joni Botak Semakin Terjepit, Kapolda Papua: Sekarang Mereka Mundur

KKB Pimpinan Joni Botak Semakin Terjepit, Kapolda Papua: Sekarang Mereka Mundur

Papua – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua semakin terjepit oleh pasukan TNI-Polri yang tergabung dalam Operasi Nemangkawi. Berbagai upaya telah dilakukan oleh TNI-Polri untuk menumpaskan KKB, demi menjaga keamanan dan kedamaian di Tanah Papua. Berkat upaya dan taktik cerdik Satgas Nemangkawi, KKB Papua pimpinan Joni Botak kian terjepit di kawasan Tembagapura, Kabupaten Mimika. Mereka terus berpindah-pindah dan telah dipukul mundur ke area pegunungan.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K., menyebutkan, kelompok itu sudah berada di distrik lain yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Puncak Jaya. Masyarakat setempat pun juga sudah tidak menaruh simpatik kepada KKB.

“Mereka mundur ke belakang, ke arah atas, karena kalau dia balik ke kota sudah tidak mungkin. Pokoknya tidak ada lagi masyarakat yang bisa memberikan bantuan logistik ke area selama ini mereka beroperasi,” ujar Kapolda Papua saat ditemui di Jayapura, Rabu (7/4).

Kapolda Papua menjelaskan Satgas Nemangkawi akan terus mengejar kelompok tersebut hingga mereka menyerahkan diri atau tertangkap.

“Kita masih tunggu, masih tetap kita waspadai, kita tidak mau memberikan ruang bagi mereka untuk bisa leluasa untuk membangkitkan kelompoknya lagi, mudah-mudahan bisa segera kita dapat,” ujarnya.

Diketahui, selama ini KKB pimpinan Joni Botak memiliki markas di kawasan Kali Kopi, Kabupaten Mimika, Papua. Mereka kerap beraksi di kawasan Tembagapura, yang merupakan area operasional PT Freeport Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Strategic Security Carried Out in Tembagapura After the Death of Abu Bakar Kogoya

Mimika- After the killing of Abu Bakar Kogoya who was shot by joint TNI-Polri officers from the Cartenz Peace Operations Task Force...

Pengamanan Strategis Dilakukan di Tembagapura Pasca Tewasnya Abu Bakar Kogoya

Mimika- Pasca tewasnya Abu Bakar Kogoya ditembak aparat gabungan TNI-Polri dari Satgas Operasi Damai Cartenz pada 4 April 2024, aparat gabungan TNI-Polri...

The Acting Governor of Central Papua asks that the Nabire incident not be repeated

Jayapura- The Central Papua Provincial Government (Pemprov) asks that the Nabire incident not be repeated, therefore people who want to express their...

Pj Gubernur Papua Tengah minta insiden Nabire jangan terulang

Jayapura- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah meminta insiden Nabire jangan terulang, karena itu masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasi atau demo agar melaksanakan...

Recent Comments