Sabtu 18 Mei, 2024
Beranda Ekonomi Bisnis PLN Akan Menambah 3 Mesin Pembangkit Listrik di Papua

PLN Akan Menambah 3 Mesin Pembangkit Listrik di Papua

Dalam rangka meningkatkan keandalan sistem kelistrikan dan program 24 jam nyala di 3 Kabupaten PLN segera menambah mesin pembangkit untuk menyuplai listrik daerah

Saat ini dua mesin dengan total kapasitas 2 MW dari Biak sudah berada di Nabire.

Rencananya mesin pembangkit akan ditempatkan di Kabupaten Dogiyai, Deiyai dan Pania. Sementara PLN masih menyiapkan lokasi pusat pembangkit untuk tiga kabupaten tersebut.

“Saat ini dalam tahap pembangunan power house dan pondasi untuk mesin pembangkit. Setelah lokasi siap, mesin akan segera kami kirim ke Deiyai untuk dilakukan pemasangan,” ujar General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid, Jumat (26/3/2021).

Sebelumnya, PLN telah berkoordinasi dan melakukan pertemuan dengan ketiga Bupati tersebut. Bupati Deiyai, Ateng Edowai telah sepakat dengan rencana pemusatan pembangkit untuk ketiga kabupaten berada di wilayahnya.

“(Lokasi pembangkit) dipusatkan di Deiyai. Lokasi akan disiapkan oleh PLN, kami siapkan yang lain. Saya harap masyarakat di tiga kabupaten tidak boleh tolak, karena lampu adalah kebutuhan utama manusia,” ujar Ateng.

Farid menjelaskan, pemilihan Deiyai sebagai lokasi pembangkit untuk menyuplai ketiga kabupaten tersebut karena lokasinya yang berada di tengah antara Dogiyai dan Paniai.

“Dengan pusat beban berada di tengah, diharapkan sistem kelistrikan akan lebih andal,” ujarnya.

Selain penambahan mesin di sisi pembangkit, untuk menunjang suplai listrik ke pelanggan, PLN juga sedang membangun dan memperbaiki jaringan listrik yang ada di Dogiyai, Deiyai dan Paniai. Total sepanjang 74 kms dibutuhkan untuk menyalurkan listrik melalui grid sistem yang menghubungan ketiga kabupaten.

“Kami targetkan Juni pekerjaan jaringan listrik telah selesai dan mesin sudah bisa beroperasi untuk menyuplai daya ke pelanggan,” ucap Farid.

Saat ini Dogiyai, Deiyai dan Paniai memiliki masing-masing daya mampu pembangkit sebesar 1000 kW. Daya tersebut menyuplai 5.988 pelanggan di tiga kabupaten.

“Mudah-mudahan pekerjaan ini dapat berjalan lancar dan selesai tepat waktu, sehingga seuluruh pelanggan di Dogiyai, Deiyai dan Paniai dapat segera menikmati listrik selama 24 jam penuh,” tutup Farid.

PLN terus berupaya meningkatkan mutu pelayanan kepada pelanggan. Penambahan kapasitas pembangkit dan perbaikan serta pembangunan jaringan di tiga kabupaten yang sedang dikerjakan, diharapkan dapat meningkatkan keandalan sistem kelistrikan di lokasi tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Criticism of KKB’s Presence by Human Rights Organizations

Papua - Several human rights organizations (HROs) have raised critical voices against the presence of the Armed...

Kritik terhadap Keberadaan KKB oleh Lembaga Hak Asasi Manusia

Papua - Sejumlah lembaga hak asasi manusia (HAM) telah mengangkat suara kritis terhadap keberadaan Kelompok Kriminal Bersenjata...

KKB is at it again by killing a civilian in Intan Jaya

Jayapura – The Armed Criminal Group (KKB) has acted again, this time the Undius Kogoya KKB led by Lewis Kogoya and Enos...

KKB Kembali Berulah Dengan Bunuh Seorang Warga Sipil di Intan Jaya

Jayapura – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali berulah, kali ini KKB barisan Undius Kogoya pimpinan Lewis Kogoya dan Enos Tipagau melakukan aksinya...

Recent Comments