Sabtu 27 November, 2021
Beranda Olahraga Yuuk Ketahui Sejarah Logo PON Papua

Yuuk Ketahui Sejarah Logo PON Papua

Suaranewspapua.com – Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua awalnya akan dilangsungkan pada Oktober 2020. Namun, karena pandemi Covid-19 melanda, maka PON di Papua mundur menjadi Oktober 2021.

Tahukah kamu, sejarah logo PON Papua? Logo PON XX didasarkan pada kemegahan Stadion Utama Lukas Enembe yang terletak di Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura.

Konsep dasar logo PON XX Papua 2020 merupakan Stadion Papua Bangkit yang mana merupakan simbol kemegahan di bidang olahraga rakyat Papua. Kemegahan Stadion Papua Bangkit hampir setara dengan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) di Jakarta, bahkan disebut-sebut memiliki kemiripan dengan stadion sepak bola terbesar kedua di dunia, Salt Lake di India.

Logo PON XX Papua sebelumnya bergambar kanguru bermata merah putih, puncak bersalju Puncak Jaya, ring lima warna dan maskot Burung Cenderawasih.

Kanguru merupakan mamalia berkantung, hewan ini hanya ditemukan di Australia, Papua, dan Papua Nugini.

Di Papua, kanguru terdapat dua jenis kanguru yaitu kanguru tanah dan kanguru pohon.
Kanguru tanah Papua (Thylogale sp) berukuran lebih kecil daripada kanguru tanah Australia. Sedangkan spesies kanguru pohon (Dendrolagus) di Papua lebih banyak daripada Australia.

Arkeolog pada Balai Arkeologi Papua, Hari Suroto menyebutkan bukti arkeologi menunjukkan fosil mandibula (rahang bawah) kanguru pernah ditemukan di Nimboran, Kabupaten Jayapura dan diberi nama Zygomaturus Nimboraensis.

Sedangkan puncak bersalju di Puncak Jaya merupakan puncak bersalju di daerah tropis atau dikenal sebagai Puncak Cartensz (Cartensz Top) yang memiliki tinggi 4.884 mdpl.

Oleh Suku Amungme sebagai pemilik ulayat puncak ini menamakannya Nemangkawi Ninggok yang berarti Puncak Anak Panah Berwarna Putih.

Namun, logo PON dengan gambar kanguru berubah. Untuk logo PON XX yang baru, gambar kanguru dihilangkan. Kenapa? Seperti diketahui dalam logo ajang olahraga nasional, tidak memperbolehkan menggunakan gambar hewan. Sedangkan untuk maskot masih diperbolehkan.

Kini, maskot PON XX Papua adalah Kangpho dan Drawa. Kangpho singkatan dari kangguru pohon dan Drawa singkatan dari Cenderawasih.

Untuk diketahui, Gubernur Papua Lukas Enembe telah resmi melauncing logo dan maskot Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralympic Nasional (Peparnas) XVI di Papua, Kamis, 1 Agustus 2019 silam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Binmas Noken Tolikara Melaksanakan  Pemolisian Masyarakat melalui program KOTEKA

Papua- Pada Kamis, tanggal 24  November 2021 Satgas Binmas Noken Wilayah Tolikara yang diawaki oleh Iptu widada, Brigadir Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan...

Ini dia 5 Point Pernyataan Sikap Dari Tokoh Adat Papua Menjelang 1 Desember

Jayapura, Menjelang tanggal 1 Desember 2021 yang diklaim oleh kelompok ataupun simpatisan Papua Merdeka sebagai hari kemerdekaan Papua barat tampaknya tahun ini...

Pemuda Saireri : Menjelang 1 Desember Papua Harus Tetap Menjadi Tanah Damai

Jayapura, 1 Desember setiap tahunnya yang diklaim sebagai Hari Kemerdekaan Papua Barat, selalu menempatkan Papua pada situasi keamanan tertentu di beberapa wilayah...

Herman Yoku : HUT Papua Barat, 1 Desember dan Bintang Kejora Adalah Sebuah Kekeliruan Sejarah dan Pembodohan

Jayapura, Menjelang 1 Desember setiap tahunya yang diklaim sebagai HUT Papua Barat atau hari kemerdekaan bangsa Papua, para aktivis dan simpatisan Papua...

Recent Comments